Pahami Ini Ketika Kelola Tik Tok Kampus
YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Mengelola Tik Tok kampus untuk branding kampus harus mengacu ke editorial plan. Editorial plan ini berisi konten apa yang akan dibuat dan kapan diunggah. Hal ini disampaikan oleh Yopy Perdana Kusuma, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Tangerang, dalam webinar bertajuk Senggol Bestie, Pemanfaatan Tik Tok untuk Promosi Kampus Bagian Kedua. Webinar diadakan Senin (16/05/22) oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah – ‘Aisyiyah (APIK PTMA).
“Konten yang baik harus dibuat dengan video yang berkualitas, dan handphone sudah bisa melakukan rekaman yang berkualitas,” jelas Yopy. Yopy menambahkan bahwa konten harus pilih sasaran untuk mengoptimalkan kampanye sesuai sasaran tersebut, baik itu meningkatkan kesadaran akan konten/bisnis kita maupun mendorong konversi. Konversi ini bisa dalam bentuk meningkatkan traffic ke situs web, meningkatkan penginstalan aplikasi, meningkatkan penjualan online, dan menjaring prospek penjualan baru. “Bagi kampus tentu adalah dengan peminat calon mahasiswa yang meningkat,” terangnya.
Selain Yopy, webinar juga diisi oleh Hari Akbar Sugiatoro dari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta; Asep Dwi Nugroho dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Eli Purwati dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dan Muhammad Rizal Ardiansyah Putra dari Universitas Muhammadiyah Buton.
Webinar yang dimoderatori Fajar Junaedi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini dihadiri lebih dari 120 partisipan. Sebagai tindak lanjut webinar, APIK PTMA menyiapkan buku tentang media sosial untuk branding kampus. “APIK PTMA sedang menyusun buku tentang tata kelola media sosial untuk branding kampus yang rencananya terbit di tengah tahun,” jelas Fajar.