Pre-Departure Orientation Pesantren Modern Internasional Dea Malela

Bekali Santri menuju Jenjang Universitas

Pre-Departure Orientation Pesantren Modern Internasional Dea Malela

Dari Kiri: Ana Fitriana S.I.Kom., Hj. Anna Raihana BA., Prof. Dr. KH. M. Din Syamsuddin, MA., Dr. Rashda Diana, Lc, MA., Eni Fitriani S.T.

SUMBAWA, Suara Muhammadiyah – Pasca Idul Fitri 1443H, tepatnya pada tanggal 10-13 Mei 2022, Santri Kelas XII Pesantren Modern Internasional (PMI) Dea Malela mengikuti Pre-Departure Orientation (PDO), yakni orientasi sebelum keberangkatan santri kelas akhir dari pesantren menuju jenjang universitas. Orientasi ini juga merupakan syarat kelulusan bagi para santri. Orientasi yang biasanya diselenggarakan selama 1 minggu, terpaksa dipadatkan menjadi 3 hari, mengingat wabah corona yang masih ada di negeri ini dan juga jadwal PDO yang kebetulan berdekatan dengan Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri.

Untuk orientasi hari pertama, diisi dan dibuka langsung oleh Prof. Dr. KH. M. Din Syamsuddin, MA., selaku Pengasuh PMI Dea Malela dengan tema Islam Berkemajuan. Din berharap, para siswa mengikuti orientasi ini dengan tekun, dari awal hingga akhir acara, karena materi-materi yang disampaikan merupakan pemadatan dari seluruh pembelajaran yang diterima oleh para santri selama 6 tahun di Dea Malela.

Din juga menjelaskan pentingnya untuk terus berpegang pada Visi PMI Dea Malela, karena keberhasilan sebuah proses pendidikan tergantung kepada pencapaian visi dari lembaga pendidikan tersebut. Di akhir materi, Din berpesan kepada seluruh santri, untuk selalu menjaga iman, ilmu, akhlak dan memiliki sikap mandiri, kreatif, inovatif, dan kompetitif. Para santri juga diharapkan untuk rajin membaca buku, apapun cita-cita yang ingin dicapai.

 

Seluruh peserta Pre-Departure Orientation PMI Dea Malela 2021/2022

Masih di hari yang sama, materi kedua diisi oleh Direktur Keuangan, Bisnis, dan IT Suara Muhammadiyah, yakni Ana Fitriana S.I.Kom., dengan tema Event Organizing dan Protokoler. Ana yang merupakan anak dari Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Sumbawa periode 1983-2002, alm. Drs. H. Syarafuddin, menjelaskan pentingnya memiliki skill Event Organizing dan Protokoler, apalagi pesantren internasional ini sering didatangi oleh pejabat negara dan daerah, maka santri dan santriwati lulusan PMI Dea Malela harus mencerminkan skill protokoler profesional di universitas maupun di lingkungan kerja.

Ana memberikan beberapa contoh event besar yang telah disenggarakan oleh Suara Muhammadiyah, dibawah komando Direktur Utama Suara Muhammadiyah, Bapak Deni Asy’ari MA., diantaranya Muhammadiyah Expo 2015 yang saat itu mengundang Prof. Dr. KH. M. Din Syamsuddin, MA. sebagai pemateri Tabligh Akbar dan juga menghadirkan penyanyi serta band nasional, yakni Fatin Shidqia dan Letto. Ana menjelaskan bahwa untuk bisa menggarap event besar yang profesional, harus dimulai dari event kecil yang ditemui setiap harinya, karena event kecil akan menggambarkan bagaimana sikap profesional kita dalam menyelenggarakan event besar.

Untuk orientasi hari berikutnya, akan diisi langsung oleh Dr. Rashda Diana, Lc, MA., doktor lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang juga merupakan istri dari Prof. Dr. KH. M. Din Syamsuddin, MA. Pasca mengikuti keseluruhan rangkaian acara Pre-Departure Orientation, para santri akan melaksanakan ceremonial wisuda pada tanggal 14 Mei 2022, di Pesantren Modern Internasional (PMI) Dea Malela, Pamangong, Sumbawa.

Orientasi ini dihadiri oleh 29 santri dan santriwati, didampingi oleh Dea Guru Ahmad Nahid, M.Pd. dan Dea Guru M. Akiev Ka’bah Sarmadiya, SE. selaku Pimpinan PMI Dea Malela, Ust. Harmen, B.Sc. dan Ustadzah Rahmi Asriani S.Pd. selaku Kepala dan Wakil Kepala SMA Dea Malela, Ustadz dan Ustadzah Tenaga Pendidik Dea Malela, juga didampingi oleh Hj. Anna Raihana BA. selaku Ketua bidang Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Sumbawa, serta Eni Fitriani S.T. selaku Sekretaris Umum Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah Kabupaten Sumbawa yang sekaligus merupakan Manajer Suara Muhammadiyah Corner Sumbawa.

Exit mobile version