Fix! UM Bandung Siap Kuliah Tatap Muka secara Penuh

Fix! UM Bandung Siap Kuliah Tatap Muka secara Penuh

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Ini kabar gembira bagi para mahasiswa UM Bandung yang menantikan kuliah luring alias offline!

Pasalnya, untuk tahun ajaran baru 2022/2023 atau mulai semester depan, UM Bandung akan menggelar kuliah luring secara penuh.

Keputusan untuk memulai perkuliahan secara luring ini diambil, selain karena pandemi Covid-19 melandai, juga sudah ditunggu dekan, dosen, dan tentu saja para mahasiswa UM Bandung.

Rektor UM Bandung Prof Dr Herry Suhardiyanto MSi IPU mengatakan pihaknya sedang menjadwal dan menyiapkan ruang untuk perkuliahan luring.

“Ada 43 ruangan untuk mahasiswa yang nanti akan masuk semester 3, 5, dan 6. Termasuk jadwal kuliahnya sedang kami susun,” ungkap Prof Herry, di ruang rektorat, Kamis (19/05/2022).

Adapun ruang untuk mahasiswa baru, papar pria berbaju batik cokrlat itu, juga tengah dianalisis kesiapannya. “Sampai saat ini masih kita hitung jumlah mahasiswanya untuk semua prodi. Kalau ternyata kurang, tentu kita tambah ruangnya,” ujarnya.

Selain itu, sebagai pendidik, papar Prof Herry, perkuliahan tatap muka, selain agar dosen dan mahasiswa interaktif juga untuk menjaga mutu pendidikan.

“Bukan berarti kuliah online tidak bagus, cuma kurang maksimal. Dan transfer ilmu pengetahun akan efektif dengan kuliah tatap muka,” terangnya.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor I Dr Hendar Riyadi MAg pun menyampaikan perkuliahan akan dilaksanakan dari pagi hingga malam. “Ada 1.020 mata kuliah, lalu dibagi 43 kelas. Jadwal kuliahnya dari pukul 07.00 sampai 19.00, bahkan pukul 21.00 WIB,” kata Hendar.

Untuk mensiasati agar perkuliahan tak sampai malam, tambah alumnus UIN Sunan Gunung Djati tersebut, akan disiapkan ruangan lain. “Nanti ada kelas tenda, balkon, atau kuliahnya di halaman, di ruang terbuka, yang kira-kira bikin suasana jadi cair,” imbuh Hendar.

Hal itu dilakukan, tegas Hendar, bukan UM Bandung kekurangan ruang kelas, tapi ingin membuat susana perkuliahan tidak membosankan. Pun cara yang demikian berlaku di kampus-kampus Amerika.

Poliklinik juga disiapkan selain menyiapkan jadwal dan ruangan kelas untuk menyambut perkuliahan luring atau tatap muka, Poliklinik UM Bandung pun kembali diaktifkan. Balai kesehatan tersebut disiapkan untuk mengantisipasi bila ada sivitas UM Bandung yang sakit mendadak.

Apalagi, saat perkuliahan luring mulai aktif, tentu kampus di bawah naungan Muhammadiyah ini membludak, sedangkan virus corona belum benar-benar pergi.

Untuk diketahui, perkuliahan luring di UM Bandung akan dimulai pada semester ganjil atau tahun akademik baru, yakni September 2022! Bersiaplah! (Cecep dan Firman Katon)

Exit mobile version