Mewujudkan Indonesia Bangsa Besar

Mewujudkan Indonesia Bangsa Besar

Oleh: Masud HMN

Siapa anak bangsa yang tidak menginginkan bangsa ini bangsa yang diperhitungkan dan dihormati? Tentu semua menginginkannaya. Yang besar atau yang kecil. Sepakat semua.

Tinggal jalan keluar bagaimana menjadi bangsa besar dan kuat itu; Jalan yang harus diikuti, atau jalan yang harus dituruti. Itulah upaya bersama kita.

Menjadikan Indonesia yang besar dan maju itu merupakan cita-cita dari pendiri negara Indonesia. Indonesia yang bersatu, berdaulat dan dihormati oleh bangsa lain. Maksudnya maju dalam poitik dan ekonomi serta kebudayaan.

Indonesia yang bersatu adalah tercermin dari kesatuan dari hukum yang adil dan sesuai. Dalam artian beradat dan beradab dari penduduk atau rakyat. Mulai dari sabang hingga ke Papua. Meskipun berbeda rasa dan keturunan namun satu dalam tujuan. Yang sering disebutkan Bhinneka Tuhggal Ika bercerai tetapi satu.

Berdaulat dan dihormati bangsa lain. Dicerminkan oleh hukum yang adil. Beradab dan beradat antar sesama. Rukun dan damai.

Sehingga satu bangsa Indonesia yang berkemajuan. Damai bersama dalam kesejahteraan. Secara lahir dan batin. Baik secara fisik ataupun non fisik.

Dalam metode atau cara tertentu ada caranya. Yaitu disebut dalam ilmu penelitian factor moderat yang mengindetifikasikan, yaitu kemajuan.

Sehingga Indonesia yang kuat itu adalah Indonesia besar dan kuat oleh berkelindannya tiga factor ilmu, amal dan ikhlas. Dalam Indonesia maju dengan notasi Y atau Indonesia Bangsa besar merupakan fungsi ilmu dalam penelitian notasi X1. Amal fungsi X2 dan fungsi X3 yaitu ikhlas. Secara singkat Indonesia maju adalah adanya ilmu, amal dan keihlasan.

Singkatnya Indonesia besar dan kuat jika ilmu berfungsi, berbuat dan beramal. Ikhlas berkerja. Tanpa berilmu, tanpa beramal dan tanpa keikhlasan Indonesia tak bisa maju dan kuat. Maka carilah Ilmu dan berbuatlah dan ikhlas bekerja.

Gubahlah dunia dengan amalmu , kata Allamna Muhamad Iqbal penyair Pakistan.

Menarik agaknya itu adalah kata yang bermakna. Menjadi spirit atau bermanfaat bagi kita semua. Dalam menjadikan Indonesia yang besar dan kuat.

Dr Masud HMN, Dosen Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta

Exit mobile version