Kiprah PCM Lempangan Gowa dari Pendidikan hingga Ekonomi

PCM Lempangan

Kiprah PCM Lempangan Gowa dari Pendidikan hingga Ekonomi

GOWA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Lempangan Gowa, saat ini mengelola 4 sekolah yaitu; SMA Muhammadiyah Lempangan, MTS Muhammadiyah Lempangan, Madrasah Ibtidaiyah Bontoboddia dan TK Aisyah Lempangan.

Selain itu pada 18 November 2020 membuka toko berlokasi disamping MTS Muhammadiyah Lempangan dan diberi nama Sang Surya Mart.

Demikian ditegaskan Ketua PCM Lempangan Gowa, Basri B. Dg. Mattayang, kepada media pertengahan Mei 2022.

Dijelaskan, pada sekolah tersebut proses pembelajaran dan pendidikan berjalan baik, para siswa-siswinya berasal dari masyarakat di sekitar dan juga dari anak dan keluarga para anggota Perserikatan Muhammadiyah

Pada bidang ekonomi, PCM Lempangan inisiatif membuka unit berlokasi disamping MTS Muhammadiyah. Keuntungan dari toko tersebut diperuntukkan untuk dakwah, sosial dan juga pendidikan. Setiap bulannya keuntungan toko ini masuk ke zakat usaha 2,5 persen.

Selain membina sekolah dan bidang ekonomi, PCM Lempangan juga membina 16 masjid serta mengatur penjadwalan dakwah ke-16 masjid tersebut, termasuk penjadwalan khatib salat Jumat.

Selain itu PCM Lempangan mendirikan tiga masjid di antaranya Masjid Nurul Jihad Panciro, Masjid Nurul Iman Panciro, dan juga Masjid Nurul Ilmi.

Muhammadiyah lempangan dalam menebarkan dakwah melalui proses pengenalan. Proses pengenalan ini termasuk kedalam bidang pendidikan dan ekonomi.

Pada bidang pendidikan mendirikan beberapa sekolah guna menebarkan dakwah kepada masyarakat dan menanamkan sejak dini ajaran Islam kepada siswa siswi sekolah yang dikelola

Menjalankan roda organisasi ditemukan beberapa kendala, salah satunya paling dasar merujuk pada dana. Pendanaan kegiatan Muhammadiyah, murni mandiri dari hasil usaha tanpa bantuan dari pemerintah.

PCM Lempangan memiliki 5 ranting di antaranya adalah Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Panciro, PRM Pajalau, PRM Pattinngalloang, PRM Tanetea, dan PRM

Bontoboddia. Kelima ranting ini, mempunyai kegiatan pengajian rutin atau pekanan,bmelaksanakan kegiatan Kajian Subuh dan juga kajian terpadu.

Ketua PCM Lempangan Basri Daeng Matayang mulai aktif Persyarikatan Muhammadiyah 1999 dan menjadi Ketua 2015, serta dia juga penulis buku Mentari Bersinar di Gowa: Menelusuri Jejak Kehadiran Muhammadiyah di Gowa.

Dia lahir di Gowa 21 Agustus 1981. Menempuh pendidikan di SD Inpres Kalukuang 1985, SMP Negeri 1 Pallangga 1991, MA Muhammadiyah Limbung, dan julusan S1 di UNM jurusan pendidikan sejarah. (nadia aprilia rahman/yahya).

Exit mobile version