Kolaborasi Kampus dan Warga Muhammadiyah Kembangkan Kapasitas Usaha

Kolaborasi Kampus dan Warga Muhammadiyah Kembangkan Kapasitas Usaha

Kolaborasi Kampus dan Warga Muhammadiyah Kembangkan Kapasitas Usaha

YOGAYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Keberadaan wirausahawan sangat penting dalam perekonomian suatu negara, mengingat peran mereka dalam menunjang penciptaan lapangan kerja, penggunaan bahan baku dan tehnologi, serta peningkatan pendapatan kesejahteraan masyarakat. Begitu besar peran wirausaha ini maka usaha untuk mengembangkan kapasitas usaha mereka sangat diperlukan sekali untuk menjaga keberlangsungan mereka untuk melaksanakan peran tersebut.

Dalam rangka untuk pengembangan usaha dari wirausahawan ini, tim dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY)  melakukan pembinaan kewirausahaan bagi warga Muhammadiyah di Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kasihan. Hal ini menjadi tempat pengabdian bagi dosen manajemen, yaitu Edi Supriyono dan Hasnah Rimiyati.

Bentuk pengabdian yang dilakukan adalah penyuluhan pemasaran berbasis tehnologi dan penyusunan perencanaan keuangan bisnis.. Dan ini telah dilaksanakan pada hari Ahad (27/4).

“Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kefahaman akan strategi pengembangan kapasitas usaha melalui pemasaran digital, sehingga wirausahawan dapat meningkatkan pangsa pasarnya” ujar Hasnah. Sementara Edi  menambahkan bahwa tujuan lain dari pengabdian ini adalah pengelola memiliki  kemampuan yang memadai dalam mengelola keuangannya, sehingga dapat mendukung dalam pencapaian profitabilitasnya

Hasil dari penyuluhan tersebut adalah tumbuhnya kefahaman pengelola usaha dalam mengaplikasikan pemasaran digital serta merencanakan keuangannya. (rpd)

Exit mobile version