FKSM Kendal Gelar Olimpicad 4, Siapkan 11 Jenis Lomba Olahraga dan Seni

FKSM Kendal Gelar Olimpicad 4, Siapkan 11 Jenis Lomba Olahraga dan Seni

FKSM Kendal Gelar Olimpicad 4, Siapkan 11 Jenis Lomba Olahraga dan Seni

KENDAL, Suara Muhammadiyah – Suara Muhammadiyah. Gelaran Olimpiade Ahmad Dahlan (Olimpicad) ke 4 tahun 2022 untuk tingkat siswa SD dan MI Muhammadiyah se Kab Kendal berlangsung di Komplek Pondok Modern Darul Arqam Patean. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Forum Kepala Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah (FKSM) Kab Kendal yang berlangsung pada Sabtu (28/5).

Dalam Olimpicad tahun ini terdapat 11 jenis lomba olahraga dan seni yang dipertandingkan, yaitu Catur, Tapak Suci, Sepak Bola Mini, Panahan, dan Lari 60 meter. Adapun di bidang seni yang dilombakan Kaligrafi, Mipa (Matematika dan IPA), Adzan, Tahfidzul Qur’an, Vocal Group, dan Mewarnai Kaligrafi.

Sekretaris Panitia Olimpicad 4, Rosyid Wagiyanto mengatakan, Olympicad ke 4 Regional Kendal merupakan ajang kompetisi pengembangan bakat dan minat siswa Sekolah Dasar/Madrasah di wilayah Kabupaten Kendal.

“Melalui berbagai cabang lomba, peserta akan diuji kemampuan, gagasan, dan keterampilannya dalam memecahkan masalah, serta kemampuannya membangun jaringan dalam bidang pendidikan” kata Rosyid di sela-sela lomba.

Dia menjelaskan, Olimpicad diselenggarakan secara rutin 2 tahun sekali sebagai media untuk menjalin silaturahmi antar warga SD dan MI Muhammadiyah se-kabupaten Kendal sekaligus memberi kesempatan kepada siswa – siswi untuk menampilkan kemampuan yang dimiliki di bidang akademik maupun non akademik sehingga dapat diketahui potensi, kreasi dan bakat siswa.

Rosyid berharap, seluruh jenis lomba yang dipertandingkan dapat berjalan dengan baik, menjunjung ting sportivitas dan fair play sehingga Olimpicad bermartabad dan mampu menghasilkan para peserta berprestasi.

Sedangkan Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kendal, Sodiq Purwanto mengapreasiasi dan mendukung Olimpicad ke 4 sebagai media menyalurkan  bakat dan minat para siswa sehingga peserta tidak sekedar juara tetapi terciptanya nuansa sillaturrahmi.

Sodiq mengatakan, setiap gelaran Olimpicad akan memberi kesan tersendiri bagi setiap siswa yang terlibat di dalamnya.

“Olimpicad akan menjadi sebuah cerita tersendiri bagi siswa yang tak mudah dilupakan, sedangkan bagi para Kepala Sekolah atau Madrasah dan guru menjadi cermin untuk melakukan pembinaan ” ujarnya.

Dia berharap Olimpicad terus akan berlangsung pada tahun-tahun berikutnya dan pelaksanaannya dapat lebih baik. Sedangkan para juara dapat diikutkan dalam olimpicad di jenjang lebih tinggi.

“Para juara di ajang Olimpicad di tingkat Kabupaten tentu kita ikutkan dalam Olimpicad di tingkat Propinsi dan Nasional,” tutup Sodiq. (Fur)

Exit mobile version