Peletakkan Batu Pertama, ‘Aisyiyah Tuban Segera Miliki Gedung Dakwah 

Peletakkan Batu Pertama, 'Aisyiyah Tuban Segera Miliki Gedung Dakwah 

Peletakkan Batu Pertama, ‘Aisyiyah Tuban Segera Miliki Gedung Dakwah 

TUBAN, Suara Muhammadiyah – Pimpian Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Tuban mulai melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung dua lantai yang berdiri di atas tanah seluas 15 x 18 meter persegi. Ahad (29/5/2022).

Tanah yang teletak di Jalan Basuki Rahmat Tuban itu merupakan wakaf dari keluarga almarhum Ermanu untuk Muhammadiyah. Kontribusi keluarga Ermanu terhadap dakwah Muhammadiyah tidak hanya kali ini saja, sebelumnya keluarga tersebut telah mewakafkan masjid yang diberi nama Mujahidin, terletak di Kelurahan Ronggomulyo, Tuban.

Rencana awal, tanah itu oleh Muhammadiyah Tuban hendak dibangun hunian untuk para manula namun dalam perjalanannya diserahkan ke ‘Aisyiyah dengan pertimbangan sampai saat ini, ‘Asiyiyah Tuban belum memiliki gedung sendiri.

Ketua pembangunan Damam Purwanto yang juga merupakan sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban optimis, gedung tersebut akan diselesaikan dalam waktu 4 bulan.

Berdasarkan hitungan dia, dana yang dibutuhkan dalam pembangunan gedung baru ini menghabiskan biaya sebesar 864 juta sementara kasa yang dimiki ‘Asiyiyah Tuban sebesar 650 juta.

“Bangunan ini lantai 2 berukuran 12 x 12, karena ketua PDA Bu Neffi, Saya tidak khawatir. Jika dananya kurang, in sya Allah tersedia. Terutama bapak-bapak PDM diundang bukan semata-mata menyaksikan, andai dananya kurang, PDM fahamlah,”tuturnya

Ketua Pimpinan Daerah’Aisyiyah Kabupaten Tuban, Neffi Mudholifati menuturkan, keluarga Ermanu sangat berharap, tanah yang diwakafkan segera terwujud bangunan di atasnya dan bermanfaat bagi dakwah Muhammadiyah serta warga masyarakat Tuban.

Neffi menjelaskan, dana pembangunan tersebut merupakan dana hibah dari pemerintah. “Pleno PDA Tuban berulang-ulang mengadakan rapat untuk menggolkan dana hibah yang kita pakai untuk membangun, golnya 650 juta. Jika kurang, maka mari kita sengkuyung bersama, karena ini tanggung jawab kita bersama,”tuturnya.

Sementara itu wakil ketua PDM Tuban, Mambaul Mushofa dalam sambutannyapun berharap, dengan pembangunan ini akan menambah manfaat sebagaimana tugas Muhammadyah adalah menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masayrakat Islam yang sebenar-benarnya.

Dia menjelaskan kontribusi Muhammadiyah terhadap warga masyarakat kabupaten Tuban sangat besar. Tercatat di tahun 2021, LAZISMU Tuban mampu mengumpulkan dana sebesar 2,3 Miliar.

Oleh karena itu, diapun optimis gedung ‘Aisyiyah yang membutuhkan dana 864 juta bukanlah sesuatu yang sulit.

“Ibu-ibu ‘Aisyiyah tidak usah pesimis. Saya dan Pak Damam menggalang dana untuk beli lahan parkir di masjid Al-Fajri dimulai 2 Februari ditutup 1 Mei sudah dapat lima ratus tujuh juta. In sya Allah dalam pembangunan ini juga bisa,” tandasnya.

Kepada warga masyarkat sekitar dia menyampaikan permintaan maaf jika dalam pembangunan tersebut mengganggu ketenangannya. Diapun berjanji akan memperbaiki jalan yang rusak akibat lalu lalang kendaraan pengangkut material pembangunan.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung ini dihadiri oleh keluarga Almarhum Ermanu selaku wakif, Anggota Pleno PDM Tuban, Ketua dan anggota Pleno PDA Tuban, ketua RT serta warga setempat. (Iwan Abadul Gani)

Exit mobile version