Halal bi Halal PCIM Jerman dan do’a untuk Buya Syafii

Halal bi Halal PCIM Jerman dan do'a untuk Buya Syafii

PCIM Jerman gelar Halal bi Halal dan do’a untuk Buya Syafii

FRANKFURT, Suara Muhammadiyah – Pada Sabtu (28.5.2022) siang waktu Jerman, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jerman mengadakan halal bi halal dan ramah tamah di Grillplatz, Frankfurt. Selain dihadiri pengurus dan keluarga besar Muhammadiyah, acara yang berlangsung hangat dan kekeluargaan ini juga dihadiri komunitas pengajian lainnya yang ada di Jerman.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua PCIM Jerman, Diyah Nahdiyati menyampaikan rasa syukurnya dapat bersilaturahmi setelah dua tahun dilanda pandemi yang menghalangi perjumpaan fisik kepada seluruh warga persyarikatan. Tidak lupa pula ia mengajak semua yang hadir untuk mendoakan Buya Ahmad Syafii Maarif, guru bangsa dan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 1998-2005 yang wafat sehari sebelumnya, 27 Mei 2022 di Yogyakarta. Selain mendoakan Buya Syafii, Diyah juga mengajak untuk meneladani dan meneruskan perjuangan kemanusiaan yang selalu menjadi nasehat Buya semasa hidupnya.

Diyah juga merefleksikan sosok Buya Syafii bagi diaspora Muhammadiyah di Jerman untuk tidak lelah dalam berMuhammadiyah, menerbar nilai-nilai Islam Berkemajuan baik bagi masyarakat Muslim di Jerman dan Eropa pada umumnya, maupun bagi masyarakat lokal. Karena dengan demikianlah, cita-cita internasionalisasi Muhammadiyah di Abad Kedua akan dapat lebih mudah diimplementasikan, yakni ketika nilai-nilai Kemuhammadiyahan bisa diterima dengan baik oleh kalangan manapun.

Doa halal bi halal sekaligus doa untuk Buya Syafii dipimpin oleh Ustaz Yuda yang merupakan alumni dari Madrasah Mualimin Yogyakarta. Acara halal bi halal dilanjutkan dengan makan bersama masakan-masakan nusantara dan menyantap masakan barbekyu yang menjadi kebiasaan masyarakat Jerman di Musim Panas sembari bersilaturahmi di taman bersama kerabat dan handai taulan.

Exit mobile version