SMP Muhammadiyah 11 Surabaya Tuan Rumah Munaqosyah Akbar Foskam 

Munaqosyah

SMP Muhammadiyah 11 Surabaya Tuan Rumah Munaqosyah Akbar Foskam

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Bertepatan dengan hari jadi Surabaya ke-729, Forum Silaturahmi Kepala Sekolah Muhammadiyah (Foskam) SMP-MTs Muhammadiyah se-kota Surabaya menggelar Munaqosyah Akbar dengan tema, “Meraih Keutamaan Bersama Al-Qur’an” bertempat di halaman SMP Muhammadiyah 11 Surabaya (Muven) Selasa, (31/05/2022).

Selaku tuan rumah, Kepala SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, Arief Himawan, M.Pd menjelaskan, kegiatan Munaqosyah Akbar Foskam Surabaya Barat dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya karena berada ditengah antara SMP Muhammadiyah 7 Surabaya, dan SMP Muhammadiyah 14 Surabaya.

“Kami menggelar Munaqosyah Akbar karena harus ada generasi yang menjaga Al Qur’an, karena dengan Al Qur’an kita menjadi mulia dan Jaya”, terang Arief Himawan.

Masih dengan Arief Himawan, SMP Muhammadiyah se-kota Surabaya dapat menjadi solusi bagi orang tua yang barangkali tidak tega putra maupun putrinya untuk mondokan di luar.

“Setiap tahun SMP Muhammadiyah dapat memunaqosah siswa-siswinya serta selalu bertambah jumlah peserta dan jumlah juz yang di ujikan”, tutup Arief Himawan.

Ditempat yang sama, ketua Foskam SMP-MTs Muhammadiyah kota Surabaya, Ali Fauzi, S.Ag., M.Pd.I menerangkan, kegiatan Foskam kali ini adalah untuk wisuda Tahfidz SMP-MTs Muhammadiyah se-kota Surabaya dimana tahun ini ditingkatkan lagi dengan kegiatan munaqosyah.

“Kegiatan munaqosyah tahun ini kita bagi menjadi lima wilayah yaitu : Surabaya Pusat kita laksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Genteng, Surabaya Barat di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, Surabaya Selatan di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, sedangkan untuk wilayah Utara di SMP Muhammadiyah 15 dan timur di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya kita selenggarakan tanggal 2 Juni 2022”, papar Ali Fauzi.

Lanjut Ali Fauzi, setiap sekolah rata-rata mengirimkan 10 lebih siswanya dari kelas 7, 8, dan 9. Mereka disaring dulu oleh pihak sekolah masing-masing, yang sudah hafal diikutkan munaqosyah di tingkat Surabaya.

“Siswa-siswi yang sudah hafal dan ikut munaqosyah akan kita wisuda, kemudian kita promosikan bagaimana supaya kader-kader hafidz Qur’an yang sudah disiapkan dari SMP bisa ditampung di SMA maupun SMK Muhammadiyah se-kota Surabaya”, tutup Ali Fauzi. (Yuda Panuluh)

Exit mobile version