Lulusan SMK Muha Boja Siap Masuki Dunia Kerja dan Perguruan Tinggi

SMK Muha Boja

Lulusan SMK Muha Boja Siap Masuki Dunia Kerja dan Perguruan Tinggi

KENDAL, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 354 kelas XII siswa SMK Muhammadiyah 2 (Muha) Boja, Kendal dilepas melalui acara pelepasan purna studi tahun ajaran yang berlangsung pada Rabu (1/5) di SMK setempat. Pelepasan ditandai dengan pengalungan samir oleh Kepala SMK Muha Boja kepada para lulusan. Mereka para alumni tergabung dalam angkatan 32 yang siap memasuki dunia kerja atau melanjutkan studi ke Pendidikan Tinggi (PT).

Kepala SMK Muha Boja, Nur Khirin menyampaikan banyak terima kasih kepada para wali siswa yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk dididik selama 3 tahun di SMK Muhammadiyah 2 Boja.

“Amanah dari bapak dan ibu wali siswa selama tiga tahun sudah kami tunaikan sesuai dengan kemampuan kami. Alhamdulillah selama sekolah disini anak-anak sudah bisa sholat wajib sesuai syariat, dan bisa membaca Al qur’an” kata Nur Khirin.

Dia berpesan kepada seluruh alumni SMK Muha Boja untuk tetap menjunjung tinggi nama baik almamater dimana berada.

“Bagi kalian yang melanjutkan ke pendidikan tinggi. Di situ kalian dapat memperoleh ilmu baru yang belum kamu pelajari sebelumnya di bangku sekolah. Pengetahuan inilah yang akan menjadi bekal untuk bekerja sesuai dengan prospek program studi yang kalian pilih” ujarnya.

Dan bagi kalian yang memasuki dunia kerja, lanjut dia, bekerjalah dengan jujur, ulet, disipiplin dan mentaati peraturan perusahaan.

“Kami yakin bekerja adalah salah satu impian kalian, karena lulusan SMK mestinya siap kerja. Selama tiga tahun kalian berhadapan dengan alat-alat praktik dan tugas-tugas yang tidak sedikit. Sekarang sudah saatnya kalian mempraktekkan ilmu yang diperoleh di dunia perusahaan” pintanya.

Nur Khirin juga tidak menampik kalau sebagian alumni akan membuka usaha sendiri atau berbisnis sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan.

“Karena kalian selama di SMK Muha Boja juga dididik berwiraswasta, maka saatnya kalian berbisnis mandiri sesuai dengan kemampuan . Jangan bermimpi memuali bisnis dari hal yang besar. Mulailah dari hal yang kecil, jika berkembang bisa menjadi besar” pesannya lagi.

Senada dengan Kepala SMK Muha Boja, Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kendal, Supardi menyampaikan, jika lulusan SMK Muha Boja bisa bekerja di Kawasan Industri Kendal, atau Batang.

“Dalam menghadapi dunia kerja kalian juga harus siap mental. Kalian juga harus punya ketrampilan yang cukup sebelum melamar kerja” pesannya.

Bagi kalian yang sudah memiliki ketrampilan, lanjutnya, bisa membuat pekerjaan sendiri seperti menjahit atau servis elektronik.

Sedangkan Wakil Ketua PCM Boja, Fadhli AR meminta kepada orang tua wali siswa tetap menjalin hubungan yang baik dengan almamaternya.

“Hubungan baik antara siswa, wali murid serta sekolah harus dijaga dengan baik. Alangkah baiknya jika ada adik atau saudara yang juga bisa bergabung dengan SMK Muhammadiyah 2 Boja” pintanya.

Dia berharap, seluruh alumni SMK Muha Boja bisa memberi manfaat kepada masyarakat.

“Jadilah alumni yang bermanfaat dan bermartabat, jangan justru menambah beban masyarakat” pesannya.

Diketahui siswa sebanyak 354 adalah lulusan dari lima jurusan yang ada, yakni Perbankan Syariah, Tata Busana, Teknik Audio Video, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, dab Teknik Komputer dan Jaringan. (hayati)

Exit mobile version