PCPM Depok Sleman dan Kajianmu Gelar Festival Kemakmuran Masjid 

PCPM Depok Sleman dan Kajianmu Gelar Festival Kemakmuran Masjid 

PCPM Depok Sleman dan Kajianmu Gelar Festival Kemakmuran Masjid

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Masjid merupakan rumah Allah yang sangat vital dan menjadi pusat kegiatan umat Islam. Diantara fungsi utama masjid adalah tempat shalat, tempat taklim, tempat berlatih, tempat istirahat, dan berbagai kegiatan lainnya.

Selama bulan Mei 2022, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Depok Sleman bekerjasama dengan Yayasan Kajianmu Yogyakarta menggelar acara Festival Kemakmuran Masjid Tahun 2022 untuk wilayah Kapanewon Depok Sleman. Ada sekitar 40-an masjid yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini kita memberi apresiasi kepada masjid-masjid yang memiliki kreativitas tinggi dalam membina dan memberdayakan jamaah,” ujar Ganjar Rachmawan, sekretaris PCPM Depok saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Puncak acara Festival Kemakmuran Masjid ini dikemas dengan memberikan hadiah kepada nominasi masjid yang masuk kriteria yang sudah ditentukan panitia dan dilanjutkan dengan Pengajian Umum. Bertindak sebagai narasumber adalah Bupati Sleman periode 2010-2021 Sri Purnomo dan Ketua Yayasan Kajianmu Yogyakarta Muhammad Abduh Zulfikar.

Dalam uraiannya, Sri Purnomo mengapresiasi kegiatan ini. Terlebih Festival Kemakmuran Masjid ini dikomandoi oleh anak-anak muda di wilayah Depok. Ia juga mengatakan bahwasanya semangat memakmurkan masjid sesuai dengan perintah Al-Qur’an. “Hal ini sesuai dengan firman Allah swt. dalam surat At-Taubah ayat 18,” ujarnya.

Sri Purnomo juga bercerita terkait upaya yang dilakukan Pemda Sleman dalam memakmurkan masjid sewaktu menjabat Bupati selama dua periode. Misalnya masjid Agung Sleman yang imam hariannya sebanyak tiga orang dan semuanya hafal Al-Qur’an.

“Tidak kalah penting, tingkat kebersihan dan kenyamanan masjid harus dijaga sebaik mungkin. Kegiatan-kegiatan masjid juga dimaksimalkan terlebih saat Ramadhan,” ungkap penasihat PDM Sleman ini.

Sementara Muhammad Abduh Zulfikar memaparkan tentang sejarah berdirinya Yayasan Kajianmu pada 2017 silam. Salah satu kegiatannya, berpartisipasi dalam memakmurkan masjid, dan sejak tahun 2018 mempunyai tim relawan Reresik Masjid.

“Pada awal berdiri, kami masih memiliki beberapa kegiatan di sekitar kantor sekretariat, seperti program belajar Al-Qur’an dengan metode Iqra’ dan membantu warga yang terjerat rentenir. Alhamdulillah, seiring perjalanan waktu semakin meluas kegiatan kami, semoga bisa menjadi ladang mencari pahala dan barokah,” paparnya.

Adapun empat masjid yang menjadi nominator dalam Festival Kemakmuran Masjid 2022 tingkat Depok Sleman, adalah masjid Bhakti Abdi Dabag Condongcatur, masjid Baiturrahman Pringgolayan Condongcatur, masjid Baiturrahmat Setan Maguwoharjo, dan masjid Baiturrahim Gejayan Condongcatur.

Hadir dalam kegiatan itu antara lain Bupati Sleman periode 2010-2021 Sri Purnomo, Anggota DPRD Sleman Ardi Sehami, Panewu Depok Wawan Widiantoro, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Depok Muhammad Jumiran, Ketua Yayasan Kajianmu Yogyakarta Muhammad Abduh Zulfikar, Sekretaris Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Depok Ganjar Rachmawan Adiprana, Plt. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Depok Sussi Listyaningsih, dan teman-teman dari Ortom Muhammadiyah se-Depok juga jamaah pengajian setempat. (Tim Media PCPM Depok)

Exit mobile version