Tasmi Al-Quran Santriwati ABS Berlangsung Khidmat

Tasmi Al-Quran Santriwati ABS Berlangsung Khidmat

Tasmi AlQuran Santriwati ABS Berlangsung Khidmat

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Santriwati kelas 3 SMP Aisyiyah Boarding School (ABS) Bandung mengikuti kegiatan tasmi Al Quran sebagai salah satu syarat kelulusan jenjang SMP.

Tasmi sendiri merupakan kegiatan kelulusan tahfidz (menghafal) Al Quran yang ditandai dengan memperdengarkan bacaan ayat suci tersebut tanpa kesalahan di hadapan para penguji.

“ABS memiliki program target hafalan 1 juz per tahun. Sehingga ketika santriwati menyelesaikan jenjang pendidikan SMP akan memiliki minimal 3 juz hafalan,” ungkap Afrizal Fahmi Ali, koordinator tim dirosah SMP ABS Bandung.

Afrizal juga menambahkan hafalan yang sudah diperoleh santriwati ini kemudian ditasmikan di hadapan penguji dari Rumah Tahfidz dan para guru dirosah SMP yang letaknya tak jauh dari Trans Studi Bandung itu.

Selain penguji yang mendengarkan santri melantunkan hafalannya, orang tua dan guru juga turut menyimak melalui zoom meeting secara khidmat.

“Sebelumnya telah dilaksanakan program serupa dengan peserta kelas 1 dan 2 SMP. Hanya saja tasmi kelas 1 dan 2 ini untuk hafalan juz 30,” sambung mahasiswa Magister Tafsir Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung itu.

Bagi santri penghafal Al Quran, papar Afrizal, tasmi menjadi hal penting karena selain murajaah (mengulang) hafalannya agar semakin lancar, juga yang lebih penting memperkuat hafalannya.

Mudir ABS Bandung, Dede Kurniawan, berharap agar santriwati senantiasa menjaga hafalannya dengan menggunakannya dalam bacaan salat wajib ataupun salat sunnah.

“Kami juga berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi santriwati untuk terus menghafal dan menambah hafalannya,” papar Dede.

Selain itu, Dede juga memberikan amanat kepada peserta tasmi untuk meningkatkan hafalan Al Quran dengan cara memahami artinya. Sehingga para penghafal ini seperti Al Quran berjalan.

Pelaksanaan tasmi Al Quran merupakan penutup dari serangkaian ujian akhir yang harus diikuti oleh santri kelas 3.

Serangkaian ujian tersebut di antaranya ujian umum, ujian praktik, ujian kepesantrenan, dan ujian tahfidz melalui program tasmi Al Quran.

Kegiatan yang diikuti oleh 37 santriwati ini dilaksanakan pada 6-8 Juni 2022 di musala SMP ABS Bandung. (NF)

Exit mobile version