Administrasi dan Manajemen Adalah Pangkal Organisasi

Administrasi dan Manajemen Adalah Pangkal Organisasi

Administrasi dan Manajemen Adalah Pangkal Organisasi

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Tingkatkan kemampuan personal dalam berorganisasi, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Magelang gelar Latihan Administrasi dan Manajemen Organisasi (Lamo). Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah progresif untuk mengupayakan potensi dari daya dukung yang ada.

Kegiatan bertajuk “Mewujudkan Profesionalitas Organisasi” ini dilaksanakan selama satu hari. Diikuti oleh 32 peserta dari perwakilan masing-masing komisariat. Mereka diberikan pelatihan bagaimana menciptakan administrasi organisasi yang baik. Selainitu juga manajemen sumber daya anggota.

Hadir memberikan petuah, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM Kecamatan) Mertoyudan Mujahidin menekankan supaya IMM Magelang lebih progressif. Baik dalam sumber daya manusianya maupun kualitas organisasi. “Administrasi dan manajemen organisasi adalah hal terpenting. Dua unsur pendukung lainnya yaitu daya unsur organisasi dan ketersediaan sarana prasarana organisasi,” katanya di Aula SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan.

Menurutnya, administrasi adalah pangkalnya organisasi. Sehingga anggota harus paham dan hafal AD ART. “Yaitu mengusahakan pendekatan dalam penyelenggaraan kegiatan dengan efektif dan efisien,” jelasnya.

Ketua PC IMM Magelang Miqdam Al Hikam dalam sambutannya mengungkapkan, anggota IMM selayaknya paham dan mau belajar bagaimana mengatur komisariat secara kokoh. Ilmu manajemen dan administrasi tidak hanya diterapkan didalam organisasi saja. “Namun juga bisa diterapkan dijenjang setelahnya. Terutama dalam hidup bermasyarakat dan dunia kerja,” tuturnya.

Sebab kader IMM, kata dia, akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan. Kendati demikian, ia sadar betul, saat ini merupakan masa transisi pasca diterpa pandemi. “Kita perlu adaptasi lagi program yang sebelumnya sudah mapan. Tidak ada lagi alasan untuk berleha-leha,” pungkasnya. (aibal/riz)

Exit mobile version