‘Aisyiyah Tanah Datar Muhibbah Amal Usaha Sosial

'Aisyiyah Tanah Datar Muhibbah Amal Usaha Sosial

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Aisyiyah Tanah Datar menggelar kegiatan Muhibbah ke Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara untuk melihat berbagai amal usaha milih Muhammadiyah di Kota Medan. Kunjungan yang berlangsung selama dua hari itu diterima langsung oleh Ketua PW Aisyiyah Sumatera Utara Hj. Elynita Koto dan ketua PD Aisyiyah Kota Medan Kholissani Nasution.

Muhibbah Pimpinan Daerah Aisyiyah Tanah Datar dipimpin langsung oleh ketuanya Hj. Rusyda Rusli itu membawa pengurus daerah mulai pimpinan harian sampai pimpinan majelis dan lembaga yang jumlahnya mencapai 20 orang. ” Kami ingin melihat dinamika gerakan Aisyiyah di Sumatera Utara. Kami perlu perlu menyerap capaian terbaik Aisyiyah Sumatera Utara,” kata Hj. Rusyda Rusli.

Beberapa lokasi Kunjungan yang dilakukan adalah : Kampus Utama UMSU Jalan Muhtar Basri, Galeri Puskibi, Badan Al-Islam dan Muhammadiyah (BIM), Panti Asuhan Putri, Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Sumatera Utara. Observatorium Ilmu Falak (OIF UMSU), dan Panti Asuhan Bayi Sehat Medan.

Panti Asuhan Putri Aisyiyah

Pada kunjungan itu PD Aisyiyah Tanah Datar berkunjung ke Kantor PD Aisyiyah Kota Medan. Di sana melihat proses pengelolaan Panti Asuhan Putri yang dikelola Aisyiyah Kota Medan. Pada pertemuan yang berlangsung di Kantor PDA Medan itu, Kholissani Nasution menjelaskan profile PD Aisyiyah Kota Medan yang mengelola berbagai amal usaha pendidikan dan amal usaha ekonomi dan kesehatan. ” Panti Asuhan mengasuh 100 lebih anak mulai dari PAUD sampai Mahasiswa.

Kholissani Nasution mengatakan, kerja Aisyiyah nyaris tidak pernah berhenti. Saat pandemi covid pun Aisyiyah telah melakukan gerakan dakwah dan sosial.

Untuk menggerakkan persyarikatan Aisyiyah, seluruh pimpinan harian, majalis dan lembaga aktif secara bahu-membahu untuk merealisasikan program yang sudah diputuskan. ” Amal usaha terbesar Aisyiyah adalah pengajian di cabang dan ranting karena itulah media dakwah terbaik untuk menguatkan kader Aisyiyah, sebut Kholissani. ” Alhmadulillah PDA Kota Medan saat ini memiliki 31 Cabang.

Terkait amal usaha Aisyiyah, selain 31 Cabang, 125 Ranting, 42 Taman Kanak-kanan, 18 TPQA, 1 Rumah Tahfidz dan 1 Klinik Pratama.

Pada pertemuan antara PDA Tanah Datar dan PDA Kota Medan itu, hadir Ketua PW Sumut Elynita Koto, Wakil Ketua Dr. Nur Rahma Amini, Sekretaris Zubaidah Pohan dan Bendahara Yuniar R. Yoga. Elynita selain menyampaikan selama datang juga berharap silaturrahim antara dua pimpinan daerah Aisyiyah itu dapat saling menguatkan.

Hal yang sama di sampaikan Ketua PD Aisyiyah Tanah Datar Hj. Rusyda Rusli yang menyampaikan profile PDA Tanah Datar. ” Terima kasih atas penyambutan dan berbagi informasi dari PDA Kota Medan,” kata Rusyda Rusli.

Pada acara Silaturrahim itu, PDA Tanah Datar menyerahkan cinderamata berupa replika Istana Pagaruyung (Batusangkar) kepada Ketua PWA Sumut dan Cindramata makanan khas Tanah Datar kepada Ketua PDA Kota Medan. Sementara Ketua PDA Kota Medan, Kholissani menyerahkan cinderamata beberapa buku kepada PDA Tanah Dtatar untuk penguatan literasi Aisyiyah.

Usai pertemuan rombongan Aisyiyah Tanah Datar menyaksikan proses pengelolaan panti asuhan putri Aisyiyah Kota Medan. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version