Bantuan Medis Kegawatdaruratan Dasar

TBM FK Unismuh Gelar Pelatihan Bareng Siswa SMAN 9 Makassar

Bantuan Medis Kegawatdaruratan Dasar

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Tim Bantuan Medis (TBM) yang salah satu Badan Semi Otonom Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar pelatihan kegawatdaruratan atau disebut dengan kegiatan TBM Share.

Kegiatan dengan tajuk “Membentuk Karakteristik Individu yang Peduli Terhadap Kegawatdaruratan Medis Dasar” ini dilaksanakan bersama siswa-siswi SMA di SMA Negeri 9 Makassar Jl. Karunrung Raya, Makassar, Rabu (22/6/2022) kemarin.

Nizar Irsya selaku Ketua TBM FK Unismuh menjelaskan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan dan menyasar siswa-siswi SMA, sebab diantara mereka masih sangat awam terkait penanganan kegawatdaruratan dasar (RJP).

“Jadi kegiatan ini berupa edukasi seputar Resusitasi Jantung Paru dan dirangkaikan dengan simulasi bersama adik-adik siswa yang dibawakan oleh salah satu dokter spesialis yakni dr. Abdul Azis Sp. U (K),” tutur Nizar Irsya usai kegiatan.

Tak hanya itu, Nizar Irsya Mahasiswa Semester 6 FKIK Unismuh Makassar ini menambahkan bahwa kegiatan TBM Share yang dikemas dalam bentuk pelatihan kegawatdaruratan ini juga merupakan sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengadian kepada masyarakat.

“Besar harapan dari teman-teman TBM FK Unismuh apa yang menjadi tema kegiatan TBM SHARE ini dapat terealisasi, siswa-siswi sebagai salah satu anggota masyarakat dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan,” tuturnya.

Ia pula menyampaikan bahwa selain di SMAN 9 Makassar, pihaknya pula telah melaksanakan kegiatan TBM SHARE yang digelar di SMA Muhammadiyah 1 Makassar pada 16 April 2022 lalu.

“Semoga kegiatan ini terus kami lanjutkan, kami berupaya terus hadir ditengah masyarakat melakukan edukasi kesehatan sebagai bentuk pengabdian dan berbagi,” imbuhnya. (Husnul Hatima/Ulil)

Exit mobile version