Jum’at Bersih di Lingkungan Gedung Dakwah Muhammadiyah

Jum’at Bersih di Lingkungan Gedung Dakwah Muhammadiyah

Jum’at Bersih di Lingkungan Gedung Dakwah Muhammadiyah

KENDAL, Suara Muhammadiyah – Gerakan Jum’at Bersih (GJB) tidak hanya berlaku di masjid, tetapi di lingkungkungan gedung dakwah Muhammadiyah Kendal juga dilakukan hal yang sama. Hal tersebut sebagai salah satu wujud gerakan lingkungan bersih, asri, dan nyaman dipandang.

Gerakan jum’at bersih di gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah (PDM) Kendal berlangsung pada Jum’at (24/6) diikuti oleh seluruh pegawai yang ada di lingkungan PDM, meliputi pegawai Kantor sekretariat Muhammadiyah Daerah Kendal, UMKABA, Lazismu, Majelis Dikdasmen, dan pegawai BPRS Artha Surya Barokah (ASB) unit PDM.

GJB di lingkungan PDM Kendal diawali dengan Kultum yang disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Dikdasmen, PDM Kendal, H. Sugiri yang mengatakan GJB sebagai wujud kepedulian lingkungan supaya mereka datang karena ada kepentingan di lingkungan PDM merasa nyaman.

“Setiap orang yang datang di sebuah tempat akan merasa nyaman apabila melihat lingkungan tampak bersih dan asri” katanya menyitir Al qur’an Surat Al Baqarah ayat 222 ’Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.’.

Dia berharap kebersihan lingkungan sebagai tempat kerja, atau menjalankan aktifitas bersama terus dijaga, diantaranya melalui kegiatan Jum’at bersih.

“Kita perlu agendakan dua pekan sekali atau sebulan sekali untuk kegiatan Jum’at Bersih” pintanya.

Setelah kultum dilanjutkan dengan senam ringan bersama yang dipimpin oleh Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kendal, Sodiq Purwanto.

Tujuan senam ringan supaya meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental.

Usai senam ringan seluruh pegawai berkelompok menyebar di beberapa tempat untuk membersihan sampah-sampah yang berserakan di seluruh area gedung PDM Kendal, memangkas ranting dan daun pada pohon taman yang kurang enak dipandang, dan membersihkan taman-taman di sekitarnya. Sampah-sampah, daun dan ranting dikumpulkan dan di buang di tempat sampah yang sudah disediakan.

Pelaksanaan Jum’at bersih di lingkungan PDM Kendal dilakukan selama satu jam, kemudian ditutup dengan sarapan bersama yang telah disediakan pihak sekretariat kantor PDM Kendal. (fur)

Exit mobile version