Sambut Idul Adha, MTT PDM Kota Jogja Selenggarakan Seminar

Sambut Idul Adha, MTT PDM Kota Jogja Selenggarakan Seminar

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sejak dua bulan sebelum Ramadhan 1443 H, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluarkan edaran maklumat tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah 1443H. Salah satu informasi yang disampaikan bahwa tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada hari Kamis, 30 Juni 2022.

Untuk menyambut bulan tersebut, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MTT PDM) Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan seminar mengenai Tuntunan Idul Adha, perspektif ilmu falak dan fikih kurban di Aula Masjid Islamic Center UAD, Kamis (30/6).

Ketua MTT PDM, Ust. Wahyu Wijayanto, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan tersebut di samping untuk menyambut bulan Zulhijjah, juga merupakan bagian dari serangkaian Syiar Muktamar Muhammadiyah ke-48 yang diprogramkan oleh PDM Kota Yogyakarta. Sebelumnya, MTT telah membuat serta melaunching buku praktis tuntunan perawatan jenazah.

Ust. Aris Madani, M.Pd mewakili PDM Kota Yogyakarta mengapresiasi kegiatan, dan berharap agar para peserta dapat mengambil ilmu dari kegiatan yang diselenggarakan.

Adapun, peserta merupakan utusan guru ISMUBA SD/MI hingga SMA/K/MA Muhamamdiyah serta perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kota Yogyakarta. Kemudian, hadir sebagai pemateri ialah Ust. Rahmadi Wibowo, Lc., M.A., M.Hum yang menyampaikan tentang beberapa hal mengenai ilmu falak. Kemudian dilanjutkan oleh Ust. H. Ali Yusuf, S.Th.I., M.Hum yang menyampaikan tentang Fikih Kurban.

Beberapa menit menjelang adzan Dzuhur, Wakil Dekan FAI UAD, Ust. Dr. Arif Rahman, M.Pd.I yang juga merupakan anggota MTT PDM Kota Yogyakarta selaku moderator terpaksa mencukupkan jalannya diskusi usai pemaparan materi oleh kedua narasumber dari MTT PP Muhammadiyah tersebut (Diyan).

Exit mobile version