Khitanan Massal Semarakkan Milad ke-60 SMP Muhammadiyah Berbah

Khitanan Massal Semarakkan Milad ke-60 SMP Muhammadiyah Berbah

SLEMAN, Suara Muhammadiyah — Dalam rangka ikut menyemarakkan Milad ke-60 tahun SMP Muhammadiyah Berbah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Berbah mengadakan Khitanan Massal pada Sabtu (2/7) mulai jam 07.00 sd. 12.00 WIB bertempat di Kompleks SMP Muhammadiyah Berbah di Krikilan, Tegaltirto, Berbah, Sleman. Khitanan Massal ini diinisiasi PCM Berbah dan didukung penuh oleh segenap organisasi otonom Muhammadiyah di Berbah, diantaranya Lazismu, Kokam, Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah.

Kegiatan Khitanan Massal ini diikuti oleh sejumlah 77 anak, dengan 43 anak berdomisili di Kapanewon Berbah, dan sisanya dari wilayah sekitar Berbah seperti Piyungan, Prambanan, Banguntapan, Depok dan sekitarnya. Kebanyakan peserta khitanan massal ini adalah berasal dari keluarga tidak mampu, sehingga kegiatan ini dirasakan dapat meringankan beban ekonomi keluarga tidak mampu tersebut.

Panitia bekerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Gamping dan Klinik PKU Muhammadiyah Berbah yang telah menyiapkan tim medis beranggotakan 5 orang dokter umum, 3 orang perawat, 3 orang petugas farmasi, dan 1 orang petugas administrasi. Tahapan yang harus dilalui oleh peserta khitanan massal adalah registrasi ulang, penyampaian edukasi oleh tim medis, skrining gangguan dan penyakit yang menjadi penyulit ketika dikhitan, serta kontrol apabila terjadi gangguan kesehatan pasca khitan.

Khitanan massal ini adalah sebuah kontribusi nyata keluarga besar Pimpinan Cabang Muhammadiyah Berbah untuk meringankan beban warga kurang mampu, serta ikut serta membantu program pemerintah di bidang kesehatan agar supaya kualitas kesehatan warga masyarakat dapat terjaga dengan baik. (Cris)

Exit mobile version