Rustamadji Resmi Dilantik Kembali sebagai Rektor UNIMUDA Sorong Periode Kedua

Rustamadji Resmi Dilantik Kembali sebagai Rektor UNIMUDA Sorong Periode Kedua

UNIMUDA, Suara Muhammadiyah – Dr. Rustamadji, M.Si. secara resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong Periode 2022-2026. Beliau kembali melanjutkan kepemimpinannya setelah menjabat di periode sebelumnya, yakni pada tahun 2018-2022.

Acara ini digelar di depan Gedung Rektorat UNIMUDA Sorong Selasa (05/07/22)Dihadiri oleh para tamu antara lain, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Kepala LLDikti Wilayah 14 Papua dan Papua Barat, Bupati Sorong, Bupati Raja Ampat, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat, pimpinan tingkat TNI dan Polri di masing-masing satuan, Ketua DPRD Kabupaten Sorong, ketua PDM Kota dan Kabupaten Sorong, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Sorong, Badan Pembina harian Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, para Rektor direktur dan ketua perguruan tinggi, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sorong, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sorong, serta masih ada lagi para tamu undangan yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.

Pelantikan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Selanjutnya, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. H. Chairil Anwar melantik rektor terpilih, yakni Dr. Rustamadji, M.Si. yang kemudian melakukan pembacaan janji serta penandatanganan berita acara dan disaksikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat, Dr. Ir. H. Mulyadi Jaya, M.Si.

Rektor terpilih, Dr. Rustamadji, M.Si. menjelaskan dalam sambutannya mengenai sejarah singkat UNIMUDA sejak 2004 hingga 2022 yang sekarang menjadi Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki program studi terbanyak di Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara dengan sebanyak 26 Program Studi. Hal menarik dari UNIMUDA disampaikan oleh rektor juga bahwa mayoritas mahasiswanya adalah anak-anak asli papua, hal ini menjadi bukti tak terbantahkan bahwa UNIMUDA bermanfaat di Tanah Papua.

“UNIMUDA Sorong berangkat pada tahun 2004. Pada saat itu masih STKIP Muhammadiyah Sorong dengan 3 program studi dan tahun 2018 tepat pada hari ini, tanggal 5 Juli 2018 berubah bentuk menjadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dan hari ini memiliki 26 program studi, terbanyak perguruan tinggi swasta di Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara. Alhamdulillah 4 tahun berjalan ini, pada tahun ke 4 UNIMUDA, mahasiswa aktif kami 5000 lebih dan yang menarik adalah mahasiswa kami mayoritas adalah anak-anak asli Papua, mayoritas sekitar 70%. Ini sebagai bukti tak terbantangkah bahwa kami bermanfaat di Tanah Papua ini” jelas Rustamadji.

UNIMUDA Sorong sangat memperhatikan kearifan lokal dan merupakan aset aset daerah, aset PEMDA, aset Kabupaten Sorong, dan aset Provinsi Papua Barat.  Dr. Rustamadji, M.Si juga menyampaikan beliau beserta tim akan membuat kejutan-kejutan baru pada periode ini.

“Kami sangat memperhatikan kearifan lokal. Pak Bupati yang saya hormati, saya sudah sampaikan, kami dengan hamparan 67 hektar, dengan 26 program studi dengan mahasiswa yang begitu banyak, ini kebetulan saja kampus ini dikelola manajemen oleh Muhammadiyah, tapi pada prinsipnya kampus ini juga merupakan aset daerah, aset pemda, aset Kabupaten Sorong, dan aset Provinsi Papua Barat. insyaallah pada periode 4 tahun ini saya beserta tim akan membuat kejutan-kejutan baru yang belum pernah ada di kabupaten sorong dan di papua dan di papua barat” ucap Rustamadji.

Dr. Rustamadji, M.Si. tidak lupa menyampaikan prestasi-prestasi luar biasa yang telah dicapai oleh Kampus Biru ini hingga menjadi terbaik di Tanah Papua baik itu dari pemeringkatan nasional maupun internasional.

“Sejak 2017, saat masih STKIP Muhammadiyah Sorong kami sudah berprestasi di Tanah Papua. menjadi kampus yang terbaik di tanah ini berdasarkan pemeringkatan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Republik Indonesia dan alhamdulillah tahun kemarin dari pemeringkatan dunia Webometrics kami juga mendapat peringkat satu yang terbaik di tanah ini. Tentu ini semua bukan hasil karya kami sendiri tapi kami, tim, seluruh dosen, seluruh masyarakat, umat, serta bapak bupati dan jajaran PEMDA semua atas dukungan luar biasa, serta seluruh masyarakat atas doa yang luar biasa pada kami sehingga kami menorehkan prestasi-prestasi” ungkap Rustamadji.

Dalam sambutan Dr. Rustamadji, masih banyak lagi prestasi yang telah ditorehkan oleh UNIMUDA Sorong, diantaranya tercatat 60 lebih hibah yang dimenangkan pada tingkat nasional, yang masih hangat yaitu UNIMUDA dinyatakan oleh Dikti sebagai kampus dengan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terbaik di Kawasan Timur dan pada Pertukaran mahasiswa Merdeka 2 UNIMUDA dipilih oleh sebanyak 356 mahasiswa.  dan 6 mahasiswa UNIMUDA berhasil meraih hibah transfer kredit semester internasional di Turki selama 1 semester yang salah satunya adalah Putri Moi asal Sorong. Tidak hanya itu, pada tahun ini UNIMUDA Sorong akan menjadi kampus internasional yang mendatangkan mahasiswa-mahasiswa asing dari Papua Nugini, daerah kawasan ASEAN dan kawasan timur tengah.

Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. H. Chairil Anwar mengatakan dalam sambutannya, kita memerlukan kader seperti Dr. Rustamadji. “mudah-mudahan beliau nanti juga bisa mendidik kader-kader yang selevel beliau syukur lebih tinggi levelnya daripada beliau apalagi dikatakan akan membuat kejutan-kejutan” ungkap Chairul Anwar.

Chairil Anwar juga mengatakan UNIMUDA telah melibatkan masyarakat setempat untuk bisa menikmati Pendidikan. “saya melihat UNIMUDA ini memiliki ciri tadi juga sudah disampaikan oleh pak rektor yaitu yang pertama adalah ciri kampus Indonesia jadi kita bisa menyebut ini adalah Universitas Muhammadiyah Indonesia” paparnya.

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, S.H., M.Si., menyampaikan betapa tidak baiknya menunda-nunda melakukan sesuatu karena hanya akan menjadi lebih mempersulit. “saya pikir ini hal ini yang telah dilakukan oleh bapak Rustamadji sehingga hadir kampus ini kampus yang tadi sudah dijelaskan kampus besar kampus yang indah kampus hijau kampus yang menjadi rumah bagi keberagaman” ucap Johny Kamuru.

Sementara itu, Kepala LLDikti Wilayah 14 Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel Samuel Mofu, S.Pd., M. Ed., mengatakan bukan namanya seorang pemimpin yang penting tetapi seberapa banyak yang dihasilkan dalam sedikit waktu yang dipercayakan itulah yang penting. “kita bisa melihat contohnya bukti nyata dari kehidupan seorang haji ini berkembang dengan begitu sangat besar tanaman satu kepemimpinan sejak STKIP Muhammadiyah sampai pada saat ini Karena oleh sebab itu Universitas ini memiliki seorang tokoh seorang inspirator seorang contoh panutan dan telaga yang akan selalu menjadi acuan bagi keberlangsungan dan kemajuan dari perguruan tinggi ini untuk jangka yang amat Panjang” jelas Suriel Samuel Mofu.

Dr. Suriel Samuel Mofu, S.Pd., M. Ed., M.Phil. (Oxon) menambahkan untuk UNIMUDA mempertahankan kualitasnya agar menghasilkan lulusan berkualitas di Tanah papua. “karena kualitas itu adalah diri kita kita berkualitas Tanah Papua bangsa kita juga berkualitas marilah kita menjadikan kualitas sebagai identitas kita marilah kita bekerja keras dengan satu tujuan meningkatkan kualitas kita yang akan kemudian meningkatkan kesejahteraan bagi bangsa dan masyarakat kita secara khusus di tanah Papua” Ungkapnya.

Berbagai ucapan selamat, doa dan harapan diberikan kepada Rektor Terpilih, Dr. Rustamadji, M.Si dan UNIMUDA Sorong sepanjang acara berlangsung. Pelantikan Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong Periode 2022-2026. (Riz)

Exit mobile version