Mantapkan Persiapan Tahun Ajaran Baru, MA DIMSA Gelar In House Training

Mantapkan Persiapan Tahun Ajaran Baru, MA DIMSA Gelar In House Training

SRAGEN, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memantapkan persiapan pembelajaran di tahun ajaran 2022 – 2023, MA Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (MA DIMSA) menggelar In House Training (IHT). Kegiatan tersebut diadakan di lingkup Gedung Madrasah Selasa (12/7) sekaligus untuk pertama kali menggunakan Gedung baru MA DIMSA.

Direktur Ponpes Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen, KH. Ali Rosyidi menyebutkan pentingnya IHT tersebut untuk menyatukan tujuan “Melalui Lembaga MA DIMSA ini kita bersama (guru-red) menyatukan visi,misi dan tujuan” terangnya dalam sambutan pembukaan acara.

Dalam IHT tersebut, MA DIMSA mengambil 2 (dua) fokus, yaitu Madrasah yang unggul dan Madrasah yang tertib administrasi. Pemateri pertama, Ustadz Tri Bimo Soewarno dengan sangat apik menyampaikan kunci-kunci madrasah yang unggul, salah satunya yaitu dengan kualitas pengajarnya. “Guru adalah elemen penting dalam Pendidikan, dan guru jangan hanya menguatkan sisi kognitifnya tapi justru yang paling penting adalah sisi afektifnya.” Ulas pembina MAPK Surakarta itu.

Sedangkan pemateri kedua, yaitu Ibu Amin Sarwati selaku pengawas MA dilingkungan Kemenag Kabupaten Sragen. Berkaitan dengan ketertiban administrasi dia menyinggung seputar pentingnya perencanaan hingga pelaksanaan yang matang, sehingga kebutuhan administrasi Madrasah akan lebih tertata dan efisien. “Jadi mari kita lengkapi kebutuhan-kebutuhan administrasi yang dibutuhkan saat akreditasi dari sekarang, jangan mendekati momen tersebut kita baru sempoyongan melengkapi data, kalau bukan sekarang kapan lagi dan kalua bukan kita siapa lagi,” ujarnya.

Antusias para guru peserta IHT sangat tinggi. Setelah kedua materi tersampaikan para guru MA DIMSA membahas persiapan bahan ajar untuk pembelajaran tahun 2022-2023. Tahun ajaran ini merupakan tahun pertama MA DIMSA menjalankan KBM setelah mendapatkan Izin Operasional dari KEMENAG. Dan dengan IHT tersebut diharapkan mampu memformulasikan strategi pengelolaan terbaik untuk MA DIMSA dalam mewujudkan visinya yaitu mencetak Kader Ulama’ Muhammadiyah yang bertaqwa, berjiwa leadership dan berwawasan global. (diko)

Exit mobile version