Tampil Memukau, Polisi Cilik SD Mugeb Meriahkan HUT Bhayangkara

Tampil Memukau, Polisi Cilik SD Mugeb Meriahkan HUT Bhayangkara

GRESIK, Suara Muhammadiyah – Polisi Cilik (Pocil) SD Muhammadiyah 1 GKB (Mugeb) Gresik menyuguhkan tampilan yang memukau di acara hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara, Ahad (3/7/2022).

Tampilan Pocil tersebut digelar di Car Free Day Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) dalam rangka menyambut HUT Ke-76 Bhayangkara.

Para penonton begitu terkesima saat melihat penampilan Pocil SD Mugeb yang kompak. Seperti yang disampaikan warga sekitar WEP, Ratna Rahayu, kepada PWMU.CO. Dia mengaku sangat suka dengan penampilan Pocil SD Mugeb.

“Tampilannya sudah kompak, gerakannya juga menarik, dan komandan juga sangat apik,” katanya.

Kepala Sekolah M Nor Qomari S.Si mengatakan pocil merupakan salah satu program dari Satuan Lalu Lintas Polres Gresik untuk mengedukasi peserta didik, wali siswa, dan warga sekolah tentang safety riding.

“Jadi SD Mugeb sudah lama diberikan kepercayaan oleh Polres Gresik untuk menjadi pocil,” ungkapnya. Dia menambahkan, Pocil mendapatkan pembinaan berupa PBB dan rambu-rambu lalu lintas.

“Tampilan pocil ini juga sebagai latihan mental anak untuk mempersiapkan lomba Pocil Jatim dalam HUT Bhayangkara. Supaya nanti ketika mengikuti lomba anak-anak sudah terbiasa tidak grogi saat dilihat banyak orang,” ungkap dia.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Agus Suprayetno SPd menyatakan jumlah anggota Pocil SD Mugeb sebanyak 22 siswa.

“Anggota pocil kebetulan tahun ini perempuan semua, agar menataannya lebih mudah,” jelas Agus.

Menurutnya, pocil boleh diikuti siswa dari kelas IV dan V. Dari Kelas IV sebanyak 80 persen dan 20 persen dari kelas V. Dia menambahkan selama dua tahun pandemi Covid-19, pocil tidak aktif. “Dan alhamdulillah di tahun ini pocil bisa terlaksana kembali,” ujarnya.

Agus memaparkan untuk menjadi anggota pocil harus mengikuti seleksi di antaranya seleksi fisik yakni tinggi badang, performa peraturan baris berbaris (PBB), dan kedisiplinan.

“PBB dan kedisiplinan itu adalah poin yang paling penting dalam seleksi. Jadi kita tidak menunjukkan anak pada tiap kelas akan tetapi sesuai dengan hasil seleksi,” tambah dia.

Pengajar kelas IV itu mengatakan untuk persiapan tampilkan dilakukan latihan selama tiga pekan, satu pekan lima hari dari pukul 12.00 hingga 14.00.

Latihan langsung dilatih oleh Kamid Keamanan dan Kesalamatan Porles Gresik. Untuk koreonya dilatih oleh pelatih ekstra tari.

Dia menceritakan pocil dibentuk sejak tahun 2017. Dan Pocil SD Mugeb sudah dipercaya dari awal oleh Polres Gresik. “Sehingga jika ada lomba pocil diselenggarakan Polda Jatim maka dari Polres Gresik langsung merekomendasikan Pocil SD Mugeb,” ungkapnya.

Guru kelahiran Agustus itu berharap Pocil SD Mugeb merupakan program unggulan SD Mugeb.

“Semoga pocil ini bisa memberikan banyak inspirasi pada anak-anak lainnya, bisa menerapkan kedisiplinan, kemadirian dalam kehidupan sehari-harinya,” ungkapan dia.

Dia menambahkan semoga juga di ajang lomba tingkat provinsi nanti dapat mengahasilkan yang terbaik. (Novita)

Exit mobile version