Warga Muhammadiyah Harusnya Selalu Memberi Bukan Menerima

Warga Muhammadiyah Harusnya Selalu Memberi Bukan Menerima

TALANG, Suara Muhammadiyah – Tabligh Akbar yang dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Talang 2 dalam rangka sambut tahun baru Islam 144H dan Songsong Muktamar ke-48 berlangsung sangat meriah.

Tabligh Akbar yang mengambil tema “Kiat Galang Zakat, Infak dan Shodaqoh Solusi Pemberantasan Kemiskinan” Dihadiri ribuan jama’ah. Dilaksanakan pada jumat, (29/7) bertempat di halaman BTM Nurul Ummah Desa Pacul Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

Dalam Tabligh Akbar Ust Dr. Ali Trigiyatno, M.Ag  selaku ketua PDM Kabupaten Batang selaku Penceramah menyampaikan bahwa kita itu kadang masih setengah-setengah dalam membayar zakat. “Perintah zakat dan infak itu bertujuan untuk kemaslahatan bersama dan zakat bagian dari rukun Islam yang harus kita kerjakan, sebab Zakat masih dikesampingkan oleh sebagian umat Islam,” tuturnya.

Ada hak orang lain 2,5% dari harta kita, maka jika tidak dibayarkan maka harta kita akan menjadi syubhat karena tercampur dengan hak orang lain. “yakinlah bahwa kebahagiaan sejati itu ada karena selalu memberi, bukan menerima.

Hal ini menjadi prinsip bahwa kita sebagai manusia jangan selalu ingin menerima namun juga memberi. Memberi tidak akan mengurangi harta justru itu akan membersihkan harga dari hal-hal yang syubhat. “Di Muhammadiyah ada Lembaga Zakat, Infak, shodaqoh, maka salurkanlah ke Lazismu, Dapat gaji berapapun 2,5% salurkan infaknya ke lazismu,” jelas Ust Ali Trigiyatno.

Warga Muhammadiyah itu tipe orang yang selalu memberi, maka mari selalu menyisihkan gaji/penghasilan melalui lazismu. “Orang yang selalu memberi akan didatangi amil, sedang orang yang kikir atau pelit akan didatangi maling, hal itu tidak akan terjadi jika kita selalu memberi karena Allah akan selalu melindungi orang-orang yang selalu berbagai”. Tegasnya.

Diakhir Ia sampaikan kepada para jamaah bahwa diri kita harus memegang prinsip. “Tiada hari tanpa memberi, tiada minggu tanpa membantu, tiada bulan tanpa iuran dan tiada tahun tanpa membangun. Kita bisa lihat Amal Usaha Muhammadiyah terus berkembang karena warganya tidak pernah berhenti untuk berbagi”. Tutupnya.

Sementara itu ketua PCM Talang 2 Wakri, S.Sos., M.M dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa di Cabang Talang 2 sudah ada Kantor Layanan. “Alhamdulillah di Cabang Talang 2 sudah dibuka Kantor Layanan Lazismu dan baru beroperasi 2 bulan yang berkantor di BTM Nurul Ummah Desa Pacul. Mari sukseskan bersama program KL Lazismu untuk orang-orang yang membutuhkan, program bisa berjalan tergantung dari peroleh zakat infak yang masuk, semakin banyak peroleh semakin banyak program,” pungkasnya. (ranov).

Exit mobile version