Wadahi Kreativitas Pelajar, Ikom Radio UMY Gelar Kembali Broadcaster Awards

Wadahi Kreativitas Pelajar, Ikom Radio UMY Gelar Kembali Broadcaster Awards

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Broadcaster Awards kembali digelar secara luring. Ajang ini merupakan lomba unjuk kreativitas para pelajar Sekolah Menengah Atas se-derajat tingkat nasional. Ikom Radio secara rutin menggelar Broadcaster Awards sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Gelaran Broadcaster Awards diinisasi oleh Ikom Radio, sebuah media komunitas radio mahasiwa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

“Penyelenggaraan Broadcaster Awards ditujukan untuk memberikan ruang kreatif kepada para pelajar SMA se-derajat untuk mengaktualisasi kreativitasnya di dunia penyiaran,” jelas Ratu Bernessa, salah satu panitia, Sabtu (30/7/22). Bernessa menambahkan bahwa pandemi Covid-19 sempat membuat Broadcaster Awards digelar daring.

Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, Erwan Sudiwijaya menambahkan bahwa penyelenggaraan Broadcaster Awards menunjukan adanya iklim kompetisi dalam berkarya kreatif dan pembuktian kompetensi. Apalagi Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki konsentrasi broadcasting, di samping konsentrasi advertising dan public relations.

“Untuk meningkatkan dan membuktikan kompetensi mahasiswa, Program Studi Ilmu Komunikasi UMY juga melakukan sertifikasi kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi yang terlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam awarding.

Setelah berlomba dengan juri berkaliber nasional, para pelajar yang menyabet penghargaan menerima penghargaan di puncak awarding Broadcaster Awards di Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu (30/7/22).

Adapun para pemenang dalam kategori News Anchor adalah Niha Khoirunnisa (Juara 1), Shahnaz Fatharani Azhima (Juara 2), dan Nazala Freika Miraa Alifiyanah (Juara 3). Kategori Radio Announcer adalah  Wiritanaya Bian Putri Atmaja (Juara 1), Titis Alya Adrienne Aurelia (Juara 2), dan Nabila Callisya Nurmawan (Juara 3).

Kategori Reporter adalah Shahnaz Fatharani Azhima (Juara 1), Nazala Freika Mira Alifiya (Juara 2), dan Rachmi Raina Rahasatul (Juara 3). Juara lomba Podcast adalah Cendana Podcast dengan anggota Wiritanaya Bian Putri Atmaja dan Titis Alya Adrienne Aurelia. Kategori Video Dokumenter diraih film dengan judul Aku Anak Sempurna, yang diproduksi Laiya Qitaroh Aurellia, Aqilah Alya Ramadhanti Nafisah, dan Fadlillah Ahmad Defrad.

Exit mobile version