Lazismu dan IMM UM Bandung Bantu Penyintas Banjir Garut

Lazismu dan IMM UM Bandung Bantu Penyintas Banjir Garut

GARUT, Suara MuhammadiyahBanjir bandang dan longsor yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu menggugah mahasiswa dan lembaga untuk membantu para penyintas.

Hal itu ditunjukkan, misalnya, oleh PK IMM prodi Ekonomi Syariah (Eksyar) dan PK IMM prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) bekerja sama dengan Lazismu KL UM Bandung.

Para kader IMM UM Bandung dan lembaga zakat tersebut menyerahkan bantuan berupa sembako, buku pelajaran, alat mandi, alat mencuci, baju seragam sekolah, serta pakaian layak pakai, Rabu 27 Juli 2022.

Ketua Umum PK IMM prodi Eksyar, Halimah Nurlatifah, mengatakan bahwa kegiatan donasi tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap warga yang terdampak banjir dan longsor.

“Untuk meringankan beban mereka (penyintas banjir), karena masih butuh bantuan,” kata Halimah, via pesan singkat, Senin 1 Agustus 2022.

Semua bantuan itu, sambung Ifa, adalah hasil patungan antara PK IMM Eksyar dan PK IMM HKI. “Nyari donasinya barengan,” ujar Ifa, panggilan akrab Halimah Nurlatifah.

Adapun bantuan tersebut, diserahkan kepada para penyintas, terutama di Kp. Lame, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut.

Saat berkunjung ke wilayah terdampak banjir dan longsor itu, ujar Ifa, tak sedikit rumah yang masih kotor dan butuh dibersihkan.

“Ranting maupun tanah masih berserakan di sekitar rumah warga. Kita ke sini ingin bantu membersihkan,” tuturnya.

Sementara Ketua Umum PK IMM HKI, Muhammad Nur Muhajir, mengatakan bahwa masyarakat penyintas banjir bukan hanya membutuhkan bantuan logistik, melainkan psikososial.

“Terutama anak-anak, mereka butuh semacam terapi untuk memulihkan trauma akibat bencana ini,” ungkap Nur Muhajir.

Nur Muhajir mengimbau kepada masyarakat untuk saling bantu warga di Garut yang terkena musibah banjir dan longsor.

“Terutama yang punya keahlian di bidang psikososial, silakan sumbangkan keahliannya di lokasi terdampak banjir,” tutupnya.

Sebelum bantuan mereka didistribusikan kepada warga, terlebih dahulu bantuan tersebut disortir oleh MDMC Garut. Kegiatan ini pun turut didampingi LPPM Garut. (Feri/Riz)

Exit mobile version