Diskusi PCIM Yaman: 5 Hal Persiapan menuju Pernikahan

Diskusi PCIM Yaman: 5 Hal Persiapan menuju Pernikahan

MUKALLA, Suara Muhammadiyah – Pada kesempatan kali ini, PCIM Yaman mengadakan bincang santai seputar tips sebelum nikah bersama pengantin baru sekaligus pembina PCIM Yaman, Habib Hafidz Al Qadri. Kegiatan ini dilaksanakan bakda salat magrib di pantai Mukalla, dekat gedung Universitas Imam Syafii.

Sebelum perbincangan dimulai, sudah dilaksanakan rentetan kegiatan sebelumnya yaitu outbond. Kegiatan dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah yang diimami oleh Habib Hafidz Al Qadri. Sembari menanti hidangan makan malam, kegiatan dilanjutkan dengan sesi taaruf dari masing-masing anggota baru maupun anggota lama. Lalu dilanjutkan dengan acara inti, yaitu bincang santai pra nikah bersama pengantin baru, yaitu Habib Hafidz Al Qadri dan Abdurrahman Mahmud.

Dalam seminar tersebut, dapat disimpulkan bahwasannya sebelum menikah, setiap orang harus menyiapkan lima hal, yaitu :

1. Kecerdasan Emosional
2. Kemampuan Fisik
3. Kemampuan Finansial
4. Kecerdasan Intelektual
5. Kecerdasan Spiritual

1. Kecerdasan Emosional

Dalam hal yang pertama ini, beliau memberikan tips untuk meningkatkan kecerdasan emosional, yaitu dengan cara memperbanyak interaksi dengan orang lain. Salah satu cara untuk memperbanyak interaksi yaitu melalui wasilah organisasi. Dari organisasi, kita bisa dibentuk menjadi sosok pembicara yang baik, juga pendengar yang baik.

2. Kemampuan Fisik

Untuk tips kedua, kita bisa menjaganya dengan cara yang sudah lumrah diketahui banyak orang, seperti menjaga pola makan, berolahraga yang cukup, juga istirahat yang cukup.

3. Kemampuan Finansial

Sebelum kita melangkah ke jenjang yang lebih serius, kita harus menyiapkan finansial secara baik, seperti halnya memiliki pekerjaan atau memiliki usaha. Sehingga akhirnya kita dapat membangun keluarga tanpa membenai kedua orang tua.

4. Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan intelektual dapat diperoleh melalui belajar, dari manapun itu sumber ilmunya, khususnya melalui perolehan gelar dari perkuliahan sarjana, majister, bahlan doktoral. Di saat kecerdasan intelektual terpenuhi, maka kita tidka perlu takut untuk mendidik istri dan anak-anak kita kelak.

5. Kecerdasan Spiritual

Dengan kecerdasan spiritual inilah, kita dapat memimpin bahtera rumah tangga ke jalan yang diridai oleh Allah SWT. Tidak hanya bahagia di dunia, tapi juga bahagia di akhirat kelak.
“Pada saat kelima tips tersebut terpenuhi, maka tanpa diragukan lagi, para gadis akan merapat mendekat. Apalagi kita lulusan Yaman. Pokoknya yang ngantri pasti banyak”, tutur Habib Qodri sambil diiringi tawa dari rekan-rekan Muhammadiyah Yaman.

Pada saat perbincangan berakhir, santapan makan malam pun sudah siap. Ustadz Majid dan ustadz Haidar akhirnya mempersiapkan hidangan makan malam. Tak terasa, makan malam pun berakhir dan rintikan hujan mulai turun. Akhirnya, tepat pada pukul 21.00 KSA kegiatan malam keakraban dan bincang seputar pernikahan berakhir. (Pasha Prawira)

Exit mobile version