Kajian Raushan Fikr IPM Peringati Tahun Baru 1444 Hijriyah

Kajian Raushan Fikr IPM Peringati Tahun Baru 1444 Hijriyah

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 1 Babat (SMA Muhiba) gelar Kajian Raushan Fikr untuk memperingati Tahun Baru 1444 Hijriyah. Tema yang diangkat Menjadikan Tahun Baru Hijriyah Sebagai Momen Evaluasi Diri, Senin (1/8/2022).

Kajian ini dimulai pukul 07.00 Wib siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Babat melakukan check in. Kemudian menuju tempat yang telah disediakan yakni di Masjid AR Fahruddin.

Tidak hanya itu, Bapak dan Ibu guru pun turut menghadiri acara tersebut. Kajian dimulai tepat pukul 07.30 Wib dengan pembawa acara Ipmawati Annisa Nur Laila AR.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Ipmawan Muhammad Nur Alfiansyah.

Ketua Umum Pimpinan Ranting IPM SMA Muhiba Ipmawan Ghilman Swarna Dwipa menyampaikan bahwa digelarnya kajian ini adalah sebagai momen ajang evaluasi diri. Oleh karena itu ia meminta kepada teman-teman untuk mengikuti kajian ini dengan khidmat.

“Terima kasih atas perhatian, dukungan dan kehadiran siswa siswi dan bapak ibu guru pada kajian ini,” ungkap
Ipmawan Ghilman Swarna Dwipa.

Sebagai nara sumber kajian ini, Ustadz Fakhruddin Lubis menyampaikan bahwa Tahun Baru ini ada beberapa hal penting yang harus kita perbarui pula, diantaranya adalah:

Pertama, niat yang baru, “Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang diniatkannya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Kedua, Semangat yang baru. Sebagai manusia yang diberikan anugerah oleh Allah Swt, kita harus bisa memanfaatkan semangat dan tingkah laku kita.

Lanjutnya, kita harus berusaha untuk mendapatkan hasil yang kita impikan.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. AR-Rad Ayat 11)

Ketiga, Kehidupan yang baru. Kehidupan yang baru hanya didapatkan oleh orang yang berusaha, memperbaiki niat dan semangat yang baru.

Sekitar 90 menit pemateri Ust. Fakhruddin Lubis Ketua Korps Mubaligh Muhammadiyah Surabaya 2019-2021 ini menyampaikan materi. Tepat pukul 09.00 Wib pembawa acara membuka sesi pertanyaan untuk siswa-siswi yang hendak bertanya. Ada 3 siswa siswi yang bertanya dan dijawab langsung oleh Ustadz Fakhruddin Lubis.

Kegiatan kajian resmi ditutup pada pukul 09.15 Wib dan dilanjutkan informasi penting oleh Nurul Huda SAg SPd Waka Humas SMA Muhiba (Jessy Nora Sandi/FRS)

Exit mobile version