IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Siap Cetak Mubaligh Muda Muhammadiyah

IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Siap Cetak Mubaligh Muda Muhammadiyah

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru sekaligus menyemarakkan spirit Muharram, International Muhammadiyah Boarding School (IMBS) Miftahul Ulum Pekajangan menggelar acara Pembukaan Mukhadlarah sebagai wahana untuk melahirkan calon mubligh dan mubalighah yang kelak diharapkan dapat meneruskan estafet dakwah Islam.

Acara tersebut rutin digelar setiap tahun ajaran baru guna menggali potensi para santri di Pondok pesantren ini, selanjutnya acara mukhadlarah ini ditetapkan sebagai kegiatan wajib yang harus diikuti oleh para santri setiap minggunya.

Kegiatan Mukhadlarah merupakan ciri khas setiap pondok pesantren yang  bertujuan untuk mengajarkan santrinya tampil di depan umum serta melatih para santri untuk percaya diri. Adapun manfaat lain dari kegiatan mukhadlarah yaitu dapat meningkatkan kemampuan public speaking para santri yang kelak berguna sebagai bekal dakwah di masyarakat.

Acara tersebut berlangsung pada malam Jum’at dan dihadiri oleh seluruh santriwati IMBS Miftahul Ulum yang terdiri dari kader tingkat I-VI yang merupakan santriwati tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh musyrifah dan para pengasuh pondok serta mendapat dukungan positif dari Mudir IMBS Miftahul Ulum.

Dengan diiringi doa dan dukungan dari banyak pihak, acara tersebut berlangsung dengan hikmat dan meriah. Para santri yang bertugas sebagai orator dalam mukhadlarah ini menyampaikan pidatonya dengan tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, Arab dan Inggris. Adapun penggunaan bahasa asing dalam Mukhadlarah ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa para santri selain diterapkan dalam percakapan sehari-hari (daily conversation) para santri.

Sebagai selayang pandang, IMBS Miftahul Ulum Pekajangan merupakan salah satu Pondok Pesantren dibawah naungan PCM Pekajangan yang telah menginjak usia seperempat abad. Dibawah pimpinan Mudir yang bertindak sebagai penangungjawab utama pengelolaan pondok dan sebagai pimpinan tertinggi pondok.

IMBS memiliki tujuan yaitu mecetak kader-kader ulama, zu’ama, mubaligh dan mu’allim yang bertaqwa kepada Allah, berwawasan luas dan mandiri kreatif sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah. Maka dengan adanya program mukhadlarah ini merupakan salah satu upaya untuk melahirkan calon-calon mubaligh dan mubalighah yang menegakkan kalimat Allah dan kebenaran serta sebagai anak panah persyarikatan, bangsa dan negara. (Khulanah/Riz)

Exit mobile version