Mindful Parenting, Psikologi UM Bandung Latih Guru TK ABA

Mindful Parenting, Psikologi UM Bandung Latih Guru TK ABA

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Prodi Psikologi UM Bandung melatih para guru TK Aisyiyah se-Kabupaten Bandung agar memiliki keterampilan mindful parenting, Selasa 9 Agustus 2022.

Pelatihan ini, selain bagian dari pengabdian kepada masyarakat, juga sebagai bentuk kepedulian insan akademis kepada para pendidik.

“Kita ingin para guru dan orangtua paham cara mendidik anak-anak agar tak terjadi kekeliruan,” ungkap Nurlaela Hamidah MM MPsi Psikolog, ketua panitia kegiatan, di Auditorium KH Ahmad Dahlan UM Bandung.

Apalagi, kata dosen Psikologi UM Bandung itu, kasus kekerasan terhadap anak marak terjadi dan membutuhkan perhatian.

“Salah satu alasan orangtua atau guru melakukan tindakan itu terhadap anak karena mereka kurang ilmu,” kata Nurlaela.

Apa arti mindful parenting?

Sebab itu, papar dosen berkaca mata itu, dalam mendidik anak perlu keterampilan yang harus dikuasai oleh para guru dan orangtua atau kemampuan mindful parenting.

Apa itu mindful parenting? Nurlaela menyebutkan bahwa mindful parenting adalah mengasuh anak dengan berkesadaran. Bagaimana maksudnya?

“Misalnya mampu mengenal diri, mengontrol emosi, mengekspresikan emosi dengan tepat, memberikan contoh yang baik, dan mampu berikan respons positif kepada anak,” terang anggota Aisyiyah Kabupaten Bandung itu.

Nurlaela berharap, pelatihan yang bertema “Asah Asih Asuh untuk Meningkatkan Keterampilan Mindful Parenting Guru-guru TK Aisyiyah Busthanul Athfal” itu mudah dipraktikkan para peserta.

“Kita paham tentang perkembangan anak dan cara mendidik dan mengasuh anak, karena itu, kita bagikan ilmunya ke mereka. Semoga bermanfaat dan kerja sama ini bisa berlanjut,” ucap Nurlaela.

Dekan Fakultas Sosial & Humaniora UM Bandung Prof Dr Nanang Rizali MDs menyambut baik acara pelatihan bagi guru-guru TK Aisyiyah se-Kabupaten Bandung.

“Tugas guru itu bukan hanya mencerdaskan para siswa, melainkan juga membuat mereka soleh dan solehah. Mudah-mudahan acara ini barokah dan bermanfaat,” tutur Prof Nanang dalam sambutannya.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti pelatihan keterampilan mindful parenting ini sebanyak 40 orang.

Jumlah itu terdiri atas guru TK, Kelompok Belajar (Kober), dan Raudhatu Athfal Aisyiyah se-Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Adapun pemateri dalam pelatihan keterampilan mindful parenting ini, yakni Dr Irianti Usman, Riyanda Utari MPsi Psikolog, dan Nurlaela Hamidah MM MPsi Psikolog. Ketiganya merupakan dosen Psikologi UM Bandung. (Cecep/Riz)

 

Exit mobile version