Muhibbah Muhammadiyah Langsa ke Medan, Siap Kolaborasi Strategis

Muhibbah Muhammadiyah Langsa ke Medan, Siap Kolaborasi Strategis

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Langsa melakukan kunjungan muhibbah ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tanjung Sari di Medan. Kunjungan itu sebagai bentuk sharing informasi kegiatan antar kedua daerah.

Kunjungan PDM Langsa ke PCM Tanjung Sari dilakukan karena dinilai PCM Tanjung Sari sukses dalam mengelola amal usaha pendidikan. Seperti diketahui PCM Tanjung Sari memiliki SD Muhammadiyah 03, SMP Muhammadiyah 03, SMA Muhammadiyah 02, SMK Muhammadiyah 08. PCM Tanjung Sari juga memiliki amal usaha kesehatan berupa klinik pratama dan satU amal usaha ekonomI, yakni ‘Koperasi Anugerah Surya Mandiri.

PDM Langsa yang dipimpin ketuanya Bustami A. Latief SH MH didampingi Zulkarnain SAg. Dr. Nursanjaya MPd, Alfian Syahfari, Lumibra Butar-butar SHi, Drs. Nasrul Chan, Drs. Tasril dan Ir. Muhtar Batubara, disambut Ketua PCM Tanjung Sari Muhammadiyah Yusuf dan jajaran serta tiga kepala sekolah.

Ketua PC Muhammadiyah Tanjung Sari Muhammad Yusuf menyampaikan selamat datang dan kunjungan itu merupakan satu kehormatan. Bagi PCM Tanjung Sari saling memberi informasi antara amal usaha Muhammadiyah tentu saja menjadi sebuah kewajiban agar semua amal usaha Muhammadiyah dapat berkembang.

Sentralisasi Keuangan dan Kurikulum

Dijelaskan Muhamamd Yusuf ada beberapa hal yang menjadi perhatian PDM Langsa pada kunjungan itu, misalmnya bagaimana PCM Tanjung Sari menerapkan pola sentralisasi dalam keuangan amal usaha pendidikan. Selanjutnya, PCM Tanjung Sari juga akan melakukan kunjungan balasan ke Langsa untuk mendapatkan informasi yang positif dalam pengelolaan organisasi di sana, sebut Yusuf.

Ketua PDM Kota Langsa Bustami A. Latief SH MH mengatakan, pengelolaan keuangan yang sentralisasi atau sistem satu atap dinilai sebagai sesuatu yang positif karena selama ini keuangan amal usaha pendidikan dilakukan secara terpisah ( tidak sentralistik). ” Dengan cara sentralisasi, maka kemungkinan terjadinya penyalahgunaan semakin kecil,” kata Bustami.

Hal lain yang menjadi perhatian PDM Langsa adalah penerapan dua kurikulum di sekolah-sekolah PCM Tanjung Sari antara kurikulum nasional dan kurikulum Muhammadiyah. Kombinasi keduanya, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan, jelas Bustami A. Latief.

Kunjungan ditandai dengan melihat dari dekat fasilitas dan proses pendidikan di SD, SMP, SMK dan SMA yang ada di satu kompleks. (Syaifulh/Riz)

Exit mobile version