SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul akan Menggelar Kejuaraan Tapak Suci Antar SD se-DIY

SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul akan Menggelar Kejuaraan Tapak Suci Antar SD se-DIY

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Kegiatan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang akan digelar di Surakarta disambut dengan gembira oleh segenap elemen persyarikatan ini. Salah satunya adalah SMP Unggulan Aisyiyah Bantul yang menyemarakkan syiar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah dengan menggelar Kejuaraan Tapak Suci antar Sekolah Dasar se-DIY. Kejuaraan akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Oktober 2022 bertempat di Gedung dakwah Muhammadiyah Bantul, Jalan Ahmad Yani 31 Bantul.

Kepala SMP Unggulan Aisyiyah Bantul Khusnul Hanifah menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Pimda 02 Tapak Suci Bantul, sebagai perwujudan sinergi gerakan antara amal usaha pendidikan dengan organisasi otonom yang bergerak di bidang pencak silat. Menurut Khusnul pihaknya sangat mendukung penanaman karakter generasi yang sehat, berakidah kuat, serta berakhlaqul karimah sejak dini melalui media kegiatan Tapak Suci.

Khusnul menambahkan bahwa kejuaraan Tapak Suci ini menjadi unik, karena untuk pertama kalinya diadakan oleh Aisyiyah melalui SMP Unggulan. Jadi nanti dalam pembukaan kejuaraan ini juga dinyanyikan bersama-sama Mars Aisyiyah. Hal ini baru akan terjadi sekali dalam sejarah Muhammadiyah, karena selama ini lazimnya hanya menyanyikan Indonesia Raya, Hymne Muhammadiyah Sang Surya, dan Mars Tapak Suci. Khusnul menegaskan bahwa setiap tahun pihaknya akan rutin menggelar kejuaraan ini.

Bagi SMP Unggulan Aisyiyah Bantul, kejuaraan ini juga kesempatan untuk memberi pengalaman para siswa menjadi panitia even yang tergolong besar dan rumit. Menurut Khusnul para siswanya akan dilibatkan dalam berbagai posisi kepanitiaan dengan bimbingan Pimda 02 Tapak Suci Bantul. Rangkaian pekerjaan panitia dari merencanakan, koordinasi, perijinan, publikasi, pendaftaran, technical meeting, refreshing wasit juri, pelaksanaaan hingga evaluasi akan memberi pengalaman berharga pada para siswa yang terlibat di dalamnya.

Sementara itu Ketua Panitia Diah Nurmei Choirunnisa mengajak para pelatih Tapak Suci sekolah dasar di DIY untuk menyambut even ini dengan mempersiapkan para atletnya dengan baik. Diah berharap even ini menjadi stimulus bagi pembinaan Tapak Suci usia dini di DIY untuk segera berakselerasi setelah sempat lesu karena adanya pandemi covid-19.

Diah Nurmei menambahkan untuk informasi lengkap mengenai kejuaraan ini, dapat mengunduh proposal kegiatan yang nantinya akan diunggah di laman SMP Unggulan Aisyiyah Bantul http://smpuabantul.sch.id/ . Selain itu informasi juga dapat diperoleh melalui instagram SMP Unggulan Aisyiyah maupun Pimda Tapak Suci Bantul. Panitia juga mengundang partisipasi sponsor untuk mendukung kegiatan ini, selain itu di seputar venue pertandingan juga akan disiapkan ruang usaha.

Exit mobile version