• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Jumat, Desember 5, 2025
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Asyiknya Belajar Matematika dengan Teknik “Play and Pause”

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
20 Agustus, 2022
in Berita
Reading Time: 1 min read
A A
0
Asyiknya Belajar Matematika dengan Teknik “Play and Pause”
Share

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Mengajar murid kelas I tentu menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Tantangan utama terkait pengkondisian kelas dan memahamkan konsep-konsep dasar kepada murid. Di sinilah guru harus senantiasa melakukan inovasi, memperkaya media serta teknik pembelajaran.

Seperti yang dilakukan oleh Esti Ambarwati, guru kelas I SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta ini melakukan inovasi pembelajaran Matematika untuk memahamkan konsep lambang dan nama bilangan kepada para muridnya.

Baca Juga

Kreatif, Murid SD Muh PK Kottabarat Ciptakan Alat Peraga Bunga Pecahan

Siswa Muhi Melaju ke OSN Tingkat Nasional Bidang Matematika

Menghadapi 63 murid kelas IA, IB, dan IC, dengan berbagai karakter yang beraneka ragam, Ambar berinovasi menggunakan media pembelajaran kantong lambang dan nama bilangan dengan teknik permainan “play and pause.”

Konsep pembelajaran adalah membedakan lambang bilangan dan nama bilangan, sedangan tujuan pembelajaran diharapkan murid mampu mengenal lambang bilangan 1 sampai 10,” ungkap Ambar.

Di awal pembelajaran, murid bergandengan tangan membuat lingkaran besar. Selanjutnya guru menunjukkan satu spidol sebagai maskot.

Permainan dimulai dengan pemutaran lagu oleh guru. Selama pemutaran lagu, spidol maskot akan ikut diputar dari satu murid ke murid lainnya.

Ketika guru mempause atau menghentikan sementara lagu, murid yang memegang maskot tersebut segera mengambil nama atau lambang bilangan sesuai instruksi guru.

“Murid tersebut kemudian berlari dan memasukan ke dalam kantong nama atau lambang bilangan sesuai yang ia peroleh, dan begitu seterusnya” imbuh Ambar.

Aqueena Clarabella Khayla, murid kelas IB berpendapat bahwa pembelajaran dengan media kantong bilangan dan teknik bermain play dan pause sangat menyenangkan.

“Aku sangat senang dan tidak membosankan,” ujar Queena. (Nikmah Hidayati)

Tags: Matematika
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Kreatif, Murid SD Muh PK Kottabarat Ciptakan Alat Peraga Bunga Pecahan
Berita

Kreatif, Murid SD Muh PK Kottabarat Ciptakan Alat Peraga Bunga Pecahan

2 September, 2023
Siswa Muhi Melaju ke OSN Tingkat Nasional Bidang Matematika
Berita

Siswa Muhi Melaju ke OSN Tingkat Nasional Bidang Matematika

26 Agustus, 2023
Pentingnya Matematika dalam Kehidupan
Berita

Pentingnya Matematika dalam Kehidupan

8 Agustus, 2023
Next Post
Zam-Zam

Haedar Nashir: PPM Zam-Zam Muhammadiyah Menyemai Benih Khairu Ummah

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In