Baitul Arqam ‘Aisyiyah Ummul Mukminin Tingkatkan Loyalitas Beramal Usaha

Baitul Arqam 'Aisyiyah Ummul Mukminin Tingkatkan Loyalitas Beramal Usaha

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Sulawesi Selatan menggelar Baitul Arqam ‘Aisyiyah yang diikuti oleh Guru Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulsel.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna ‘Aisyiyah Sulsel, Jalan Jend. H. M. Yusuf, Makassar, Jumat – Sabtu 26/27 Agustus 2022.

Dalam sambutannya, Direktur Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin Drs. H. Abd Kadir Arief, M.Pd menyampaikan bahwa sebanyak 32 guru dari empat satuan Pendidikan yang mengikuti kegiatan baitul arqam ‘Aisyiyah tersebut.

“Kegiatan baitul arqam bagi amal usaha Muhammadiyah/Aisyiyah ini adalah upaya pembinaan bagi guru dan karyawan untuk meningkatkan loyalitas dan kinerja dalam beramal usaha dan juga sebagai upaya penguatan kembali ideologi Muhammadiyah/Aisyiyah,” tuturnya.

Terpisah disampaikan Ketua Majelis Pembinaan Kader (MPK) PW Aisyiyah Sulsel Dra. Masriwaty Malik, M.Th.I mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk refreshing pembinaan kader.

“Kita ketahui bersama bahwa sejalan dengan fokus perkaderan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang diarahkan pada pembinaan ideologi, kepemimpinan, pembangunan kekuatan dan kualitas pelaku gerakan,” tuturnya.

Masriwaty Malik yang juga Alumnus Pondok Pesantren Hajjah Nuriyah Shabran Surakarta ini menambahkan bahwa pemahaman tentang keIslaman yang baik dan benar merupakan tuntutan secara umum bagi ummat Islam terlebih bagi mu’allim dan pembina di Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan sebagai bentuk penguatan terhadap nilai Aqidah, Ibadah dan Muamalah sehingga ini penting dilaksanakan.

“Kita berharap lewat baitul arqam ini terbentuknya kader ‘Aisyiyah yang memiliki ruh (spirit), integritas dan kompetensi sehingga dapat berperan dalam organisasi ‘Aisyiyah dan Persyarikatan Muhammadiyah dalam beramal usaha,” harapnya.

Beberapa materi disajikan mulai dari materi Muqaddimah, Visi, Misi dan Program ‘Aisyiyah, kemudian materi Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah dan Tuntunan Ibadah menurut HPTM.

Ada juga materi PHIWM dalam kehidupan organisasi, bermasyarakat dan Pengelolah Amal Usaha, ada materi Manajemen Pengelolaan Amal Usaha ‘Aisyiyah dan materi Etos Kerja dalam Mengemban Amanah. (Ulil/Riz)

Exit mobile version