Umri Wujudkan Link and Match dengan Dunia Usaha

Umri Wujudkan Link and Match dengan Dunia Usaha

SIAK, Suara Muhammadiyah – Perawang – Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr H Saidul Amin MA, Selasa (30/8/2022) kunjungi PT Arara Abadi APP Sinar Mas di Perawang, Siak, didampingi para Dekan, dosen dan mahasiswa. Kunjungan lapangan itu dilakukan sebagai bentuk implementasi link and match antara perguruan tinggi dan dunia usaha dan wujud hubungan baik antara Umri dan PT Arara Abadi.

Pada kunjungan lapangan dari pagi hingga sore hari itu, rombongan Umri diterima langsung oleh Public Realtions Ir Nurul Huda MH MIKom dan unsur pimpinan PT Arara Abadi-APP Sinar Mas antara lain Pimpinan FOM (Fire Operasional Management), SSD (Social Security Department), R&D (Research & Development) Centre dan Balai Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (BPPM).

Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas sambutan perusahaan. Ia menyebut bahwa kunjungan ini adalah sesuatu yang strategis bagi Umri untuk belajar dan melakukan pengamatan dalam banyak hal.

“Ini adalah hal yang strategis buat kami karena kami perlu belajar dan mengamati dunia industri. Perguruan Tinggi harus dekat dengan perusahaan. Sebab dengan dekat perusahaan, kampus akan tahu apa yang dibutuhkan industri” jelas Saidul Amin.

Saidul Amin juga mengatakan “ada kecendrungan industri 10 x lebih cepat berkembang. Sementara kampus cenderung tertinggal. Karenanya hubungan baik antara kampus dan perusahaan itu sangat diperlukan” jelasnya.

Terkait aktivitas dan progran perusahan, rektor berharap dosen dan mahasiswa dapat belajar dan bersinergi. Diantaranya dalam program penanggulangan Karhutla, program Desa Makmur Peduli Api melalui Corporate Social Responsbility serta pengembangan pengetahuan pada Center of Research and Development.

Sementara itu di sela-sela kunjungan lapangan itu, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayus SSos MIKom mengatakan bahwa kunjungan ini membuka wawasan bahwa perusahaan tidak melulu profit oriented. Perusahaan juga memperhatikan aspek lingkungan sekitar melalui program tanggung jawab sosial perusahaan dan pengembangan masyarakat.

“Seharian ini kami dibawa melihat program pembinaan masyarakat melalui peternakan, pertanian dan perikanan. Selain itu kami juga mengunjungi Balai Pelatihan dan Pemberdayaan MasyaIrakat dan Pusat Research and Development. Ini memberikan wawasan bahwa perusahaan tidak melulu profit oriented” jelas Jayus.

Sementara itu Pimpinan PT Arara Abadi-APP Sinar Mas yang disampaikan oleh Public Relations Nurul Huda, menyampakan ”Perusahaan mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Rektor serta rombongan Civitas Akademika dari Umri, bagi perusahaan PT Arara Abadi, kunjungan sangat mempunyai nilai tersendiri, karena Umri sebagai salah satu stakeholders yang sangat penting”.

Nurul juga menjelaskan, bahwa sumber tenaga kerja dan pelaku magang kerja di PT Arara Abadi beberapa berasal berasal dari Umri. Selain itu sejauh ini perusahaan dan Umri telah berkolaborasi. Diantara kolaborasi itu memperkenalkan praktek pencegahan dan Penanganan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan), memperkenalkan dan mensosialisasikan program-program DMPA (Desa Makmur Peduli Api) serta Program-Program CD/CSR (Community Development/Corporate Social Responsibility) PT Arara Abadi.

Lebih jauh Nurul menjelaskan bahwa perusahaan juga siap menampung mahasiswa dan dosen Umri untuk melakukan kegiatan magang mapun Riset serta memberikan masukan untuk mengakselerasikan dalam penyusunan kurikulum. (Jayus/Riz)

Exit mobile version