BTQ Menjadi Ikon Sekolah Berprestasi dan Berkarakter

BTQ Menjadi Ikon Sekolah Berprestasi dan Berkarakter

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – SMP Muhammadiyah 10 Surabaya adakan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), Rabu (31/08/22). BTQ sendiri juga merupakan Ekstrakurikuler wajib yang ada di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya.

Belajar membaca dan menulis Al-Qur’an adalah sebuah ibadah yang bernilai tinggi di sisi Allah SWT, apalagi jika disertai dengan memahami makna dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Serta BTQ ini sudah menjadi icon dari SMP Muhammadiyah 10 Surabaya sendiri yang sesuai dengan tagline “Excellence In Achievement, Islamic In Character”.

Pelaksanaan Baca Tulis Al-Qur’an setiap hari Selasa dan Rabu setelah sholat Dhuha hingga masuk jam berbunyi. BTQ ini sudah menjadi rutinitas di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya seperti Ekstrakurikuler Hizbul Wathan (HW) dan Tapak Suci (TS) pada umumnya sekolah Muhammadiyah.

Dengan adanya Baca Tulis Al-Qur’an ini diharapkan busa mencetak generasi penerus bangsa yang beriman dan berakhlakul karimah dengan disertai skil yang mumpuni sesuai kepribadian masing-masing. Dalam penerapan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, perlu adanya pengelolaan yang baik dan inovatif guna mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Adapun manfaat dan tujuan dari Baca Tulis Al-Qur’an yang diselenggarakan SMP Muhammadiyah 10 Surabaya, yaitu:

1. Mengkaji dan membaca AL-Qur’an dengan bacaan yang benar sesuai kaidah tajwid.
2. Membenarkan kepada peserta didik tentang cara memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an dengan benar serta merenungkannya.
3. Sebagai penguat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
4. Sebagai pedoman hidup peserta didik, sehingga memiliki karakter yang berjiwakan Al-Qur’an.

“Dengan adanya Ekstrakurikuler BTQ ini diharapkan akan sangat mencetak generasi penerus bangsa yang beriman dan berakhlakul karimah. Dalam penerapan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, perlu adanya pengelolaan yang baik dan inovatif guna mendapatkan hasil belajar yang baik,” harap Celina Nanda Febiarta, siswi kelas 9.

Pesan selanjutnya diungkapkan Rahmad Dzulkarnain, Waka Ismuba SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. “Jadikan kegiatan BTQ ini sebagai waktu untuk mendalami memaca tulis Al-Qur’an secara baik sehingga lulus dari SMP Muhammadiyah 10 Surabaya bisa membaca menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar,” ungkapnya. (Deni Muriawan)

Exit mobile version