PDM Yogyakarta Launching Syiar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah

PDM Yogyakarta Launching Syiar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Gegap gempita perhelatan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 makin terasa vibrasinya. Sesuai keputusan Tanwir Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang diselenggarakan pada 30 Juni 2022, ditetapkan perhelatan akbar lima tahunan itu dilaksanakan pada 18-20 November 2022 di Surakarta, Jawa Tengah secara tatap muka sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Untuk itu, dalam menyemarakkan dan menggembirakan Muktamar, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta mengadakan acara Launching Syiar Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, Jumat 2 September 2022. Acara dipusatkan di Grha Ibnu Sina SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Beberapa tamu undangan yang hadir antara lain Ketua PDM Kota Yogyakarta, Pejabat Wali Kota Yogyakarta, Kepala Kepolisian Resor Kota Yogyakarta, Komandan Kodim 0374 Yogyakarta, Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Kepala Kejaksaan Negeri Yogyakarta, Kepala Pengadilan Negeri Yogyakarta, Kepala Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Pimpinan Harian dan Nasehat PDM Kota Yogyakarta, Ketua Majelis-Lembaga PDM Kota Yogyakarta, Ketua Ortom tingkat kota, Pimpinan Cabang Muhammadiyah-‘Aisyiyah se kota, Kepala SMA/SMK/MA/SMP/MTs/SD/MI Muhammadiyah se kota, Mudir Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Ibnu Juraimi, dan Direktur RS PKU Muhammadiyah Kotagede.

Dalam sambutannya, Pejabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi, SH., MH mengatakan dukungannya untuk menyukseskan syiar Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

“Pada prinsipnya, kami Pemerintah Kota Yogyakarta akan mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Kami merasa bahwa bapak-ibu sekalian warga Muhammadiyah adalah bagian spot terbesar bagi Kota Yogyakarta. Kader-kader bangsa banyak yang di didik hampir sebagian besar dari Muhammadiyah,” terangnya.

Launching Syiar Muktamar ke-48 PDM Yogyakarta

Secara langsung, Ketua PDM Kota Yogyakarta, Drs H Akhid Widi Rahmanto melaunching syiar Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dengan menekan tombol didampingi oleh drumband Hizbul Wathan.

Dalam sambutannya, dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir secara langsung dalam acara launching syiar muktamar.

“Atas nama PDM Kota Yogyakarta mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak/ibu sekalian. Sengaja hari ini memang kami datangkan bapak-bapak forkopimda Kota Yogyakarta karena kita akan merepotkan bapak-bapak sekalian, paling tidak selama nanti sampai muktamar,” katanya.

Dirinya berharap kepada seluruh civitas Muhammadiyah agar bisa menyukseskan kegiatan syiar Muktamar sampai Muktamar yang akan datang.

“Maka harapan kami, di samping syiar ini adalah untuk mensyiarkan persyarikatan Muhammadiyah, juga untuk bisa menggembirakan masyarakat. Bukan Muhammadiyah untuk Muhammadiyah, tetapi Muhammadiyah untuk jamaah dan masyarakat,” terangnya.

Seturut dengan itu, Ketua Panitia Abdul Latief Baedhowi, S.Ag mengatakan setidaknya ada 16 rangkaian kegiatan syiar Muktamar. Yakni Launching Syiar Muktamar, lomba membuat kue antar cabang ‘Aisyiyah, sarasehan membangun keunggulan cabang ranting, GoWisMu (Gowes Wisata Muhammadiyah) di Solo, Tablig Akbar bersama Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr H Abdul Mu’ti, MEd, Lomba Tertib Administrasi Cabang Muhammadiyah, Muhammadiyah Yogyakarta Festival (MY Fest), Kjuaraan Daerah Tapak Suci PDM Cup ke-2, Donor darah dan pemeriksaan kesehatran gratis bagi lansia, jalan sehat warga dan simpasitan Muhammadiyah-‘Aisyiyah.

Lalu dilanjutkan malam apresiasi seni budaya Muhammadiyah, Muhammadiyah Education Award, pemasangan papan nama wakaf Muhammadiyah, gerakan ketahanan pangan (penanaman singkong gajah dan kebuh dakwah Muhammadiyah), apel akbar milad dan muktamar bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi, rombongan penggembira Muktamar bertandang ke Solo, dan di akhiri dengan pemasangan bendera Muhammadiyah, spanduk, dan umbul-umbul muktamar seluruh AUM dan cabang ranting selama Bulan November.

Acara dimeriahkan dengan lagu berjudul “Mungkin Allah Pertemukan Jodohnya” karya dari Nachrowi Arifin, SPd dengan syari lagu oleh H Aris Madani, SPdI. Lagu di dendangkan oleh Martini. Dan acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh H Aris Madani, SPdI. (Cris)

Exit mobile version