MDMC Ciamis Dilantik, Siap Menjadi Garda Terdepan dalam Kemanusiaan

MDMC Ciamis Dilantik, Siap Menjadi Garda Terdepan dalam Kemanusiaan

CIAMIS, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) akhirnya lahir di Ciamis dengan disahkannya kepengurusan MDMC periode 2022-2024. Pelantikan dilaksanakan pada Sabtu, tanggal 03 September 2022 di aula SMK Muhammadiyah Kawali, Ciamis.

Tampak hadir pada acara pelantikan Ketua PDM Ciamis, Wakil Bupati Ciamis, Polres Ciamis, BPBD Ciamis, Tagana Ciamis, Ketua PCM Kawali, dan undangan lainnya.

Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh ketua PDM Ciamis dengan membacakan Surat Keputusan untuk kurang lebih 15 orang yang masuk menjadi pengurus MDMC.

Radhitya Muhammad Ihsan, ketua MDMC yang baru dilantik dalam sambutannya mengatakan bahwa MDMC lahir sebagai media dakwah dan aksi kongkrit untuk membantu mustad’afin dan yang terkena bencana. Untuk mengawali gerak MDMC maka diadakannya Pendidikan & Pelatihan untuk para relawan yang tergabung dalam MDMC.

“Saat ini MDMC Ciamis akan fokus pada 3 poin yaitu etika manusia terhadap alam, knowledge, dan softskill kebencanaan.” Ujar Radhitya.

Sedangkan Ketua PDM Ciamis, Dr. H. Iif Taufiq El-haque, M.H.Kes. mengungkapkan bahwa MDMC adalah wujud dakwah sesungguhnya karena berhadapan langsung dengan masyarakat.

Hadirnya MDMC di Ciamis adalah bukti bahwa Muhammadiyah senantiasa hadir kepada msayarakat untuk dirasakan kebermanfaatannya. Anggota MDMC harus mempunyai keshalehan hati yang bersih dan tetap mengutamakan Ibadah” Sambung ketua PDM memberi nasihat.

Pada kesempatan tersebut Yana D. Putera (Wakil Bupati Ciamis) menyambut baik dengan kehadiran MDMC. Mengingat Ciamis saat ini berada di posisi ke-13 se Provinsi Jawa Barat sebagai daerah dengan resiko bencana.

“Mudah-mudahan hadirnya MDMC dapat memberikan kontribusi positif terhadap gerakan kemanusiaan di Ciamis” Ujar Wakil Bupati

Dalam sambutannya, Wakil Bupati berharap hadirnya MDMC dapat menurunkan angka resiko bencana di Kabupaten Ciamis.

“Salah satu indikator turunnya angka resiko bencana tersebut adalah dengan hadirnya relawan siaga bencana seperti MDMC ini,” tambah Wakil Bupati. (Ence Sopyan)

Exit mobile version