SMP Muhdasa Adakah Pameran Sedekah Sampah

SMP Muhdasa Adakah Pameran Sedekah Sampah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – SMP Muhammaduyah 10 (Muhdasa) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pameran Sedekah Sampah, Jumat (9/9). Kegiatan yang dipusatkan di Aula SMP Muhdasa itu menjadi manifestasi dari bagian Project Profil Pelajar Pancasila. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari siswa kelas VII dengan jumlah 68 orang.

Kegiatan pameran ini merupakan agenda terakhir setelah terlaksananya beberapa agenda sebelumnya yaitu Pembekalan terkait Persampahan oleh Ketua Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MLH PDM) Kota Yogyakarta, Heri Setiawan,MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota, Drs Sugeng Daryanto, dan dari Forum Sedekah Sampah Brajan, Dr Ananto Wibowo.

Sebelumnya, diadakan pula serangkaian jenis kegiatan. Antara lain: Bersih Sampah di Kali Code dan penanaman pohon dan tebar benih ikan endemik, Pemilahan Sampah, dan Pembuatan barang/kerajinan dari daur ulang sampah.

Menurut H Harris Syarif Usman SH., MKn selaku Sekretaris MLH PDM Kota Yogyakarta saat membuka acara pameran, mengatakan bahwa kegiatan ini patut diapresiasi. Sebab sampah yang semula kurang diminati, kini berubah menjadi berkah setelah dilakukan serangkaian pemilahan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Anak-anak begitu kreatif dan berinovasi dalam pengelolaan sampah. Di mana kemudian sampah yang bisa dijual hasilnya ditasyarufkan pada siswa siswa yang kurang mampu. Dan sampah plastik didaur ulang dibuat aneka kerajinan dimana jika ada pendampingan yang berkelanjutan bisa kemudian dijual lewat pameran”, ujarnya. (Hrs/Cris)

Exit mobile version