Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Orangtua adalah orang pertama yang mengajarkan pendidikan kepada anaknya, dari mulai balita, anak-anak hingga dewasa.

Karunia seorang anak dari Allah SWT merupakan anugerah yang terbesar bagi orang tua. Kehadiran anak di tengah-tengah keluarga selalu dinanti-nantikan bagi orang tua.

Apabila telah hadir seorang anak dalam keluarga maka lengkaplah dan sempurnalah kehidupan rumah tangga suami istri tersebut.

Anak merupakan anugerah dan sekaligus amanah yang dititipkan oleh Allah kepada hambaNya. Orang tua akan dimintai pertanggungjawabannya atas amanah tersebut di akhirat kelak.

Oleh karena itu, jangan sampai orang tua seringkali lalai dalam hal mengasuh dan mendidik anaknya. Hal ini biasanya terjadi karena kedua orang tuanya sibuk dengan Hoby, pekerjaan atau karirnya.

Padahal anak yang menjadi dambaan bagi setiap orang tua selayaknya memperoleh kasih sayang, perhatian, perlindungan, perawatan, dan juga pendidikan yang memadai. Orang tua seharusnya memperluas dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam mengasuh, merawat, dan mendidik anak di dalam keluarga.

Peran orang tua dalam pendidikan anak harus dimulai sejak usia dini, dengan perhatian, memberikan teladan dan support yang akan membuat anak semangat dan lebih terdidik.

Apalagi Anak di usia dini adalah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan unik. Anak memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan daya pikir, daya cipta, bahasa dan komunikasi, yang tercakup dalam kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual atau kecerdasan agama atau religius, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Membentuk Kepribadian Anak

Terdapat dua hal yang akan membentuk kepribadian dan karakter anak seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, yaitu kedua orang tua dan lingkungan sekitar yang dijadikan sebagai tempat tinggal.

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda “Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan suci, maka kedua orang tuanyalah yang membuat dia (memiliki karakter), Yahudi, Nasrani, Majusi. Sebagai orang tua harus berusaha dengan sungguh-sungguh dalam merawat dan mendidik anaknya dalam pembentukan karakter yang sebenarnya. (HR. Bukhori no. 1296)

Oleh karena itu, peran orang tua dalam mendidik dan merawat anak sangatlah penting dan harus dimulai sejak usia dini, karena untuk menghindari dari pembentukan karakter yang negatif, yang dilarang oleh Islam.

Selain itu, pembelajaran pada anak usia dini membutuhkan metodologi yang unik dan kreatif. Peran orang tua sangat diperlukan dalam mendidik anak dan menggali potensi anak didik. Dari sini orang tua dalam pendidikan anak usia dini tidak dipandang hanya sebagai pengasuh dan pembimbing, akan tetapi sebagai guru. Karena orang tualah yang menjadi guru pertama.

Keteladanan

Anak pada dasarnya memiliki kebiasaan sebagaimana kebiasaan dari orang tuanya. Sebagai seorang anak tentunya dia akan selalu mengikuti perilaku kebiasaan yang dilakukan oleh orang tauanya. Kebiasaan-kebiasaan yang ditanamkan kedua orang tua dan para pendidik di sekitar anak waktu kecil itulah yang akan mempengaruhinya. Maka ketika kedua orang tua dan orang-orang di sekitarnya membiasakan dengan bermain Handphone, maka anak akan mengikuti dan mencontohnya.

Jika orang tua membiasakan pendidikan atau hal-hal yang baik, maka akan seperti itulah dia akan menjadi, dan demikian sebaliknya. Keteladanan dan kebiasaan yang baik itu, sebaiknya diberikan oleh orang tua sejak dari usia dini, karena hal itu dapat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa anak.

Oleh karena itu sebagai orang tua yang telah dianugerahi kenikmatan berupa anak oleh Allah SWT, hendaknya orang tua memiliki kewajiban untuk mensyukuri kenikmatan tersebut dengan cara mendidik anak-anaknya dengann sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan Islam.

Pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak bukanlah hal yang sepele karena pendidikan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh seseorang yang hidup agar dapat bertahan menghadapi perkembangan zaman. Seperti saat ini orang tua semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka sejak dini.

Oleh karena itu, orang tua harus lebih memperhatikan anak-anaknya, melihat potensi dan bakat yang ada pada anak mereka, memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran mereka di sekolah serta selalu memotivasi anak agar tetap semangat dalam belajar.

Para orang tua juga diharapkan dapat melakukan semua itu dengan niat yang tulus, ikhlas untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral yang baik dan terdidik.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

‎قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدَهُ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ}.

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama yang baik.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dan imam Al-Hakim dari sahabat Amr bin Sa’id bin Ash RA

Alfain Jalaluddin Ramadlan, Alumni Pondok Pesantren Al Mizan Muhammadiyah Lamongan

Exit mobile version