Memiliki Efektivitas Serap Air, Kenali Jenis Bahan Handuk Microfiber

Memiliki Efektivitas Serap Air, Kenali Jenis Bahan Handuk Microfiber

Dok Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Handuk microfiber atau handuk yang menggunakan bahan microfiber cukup diminati karena efektivitas dalam menyerap air. Bahan microfiber sendiri terbuat dari serat sintetis campuran poliester dengan nilon atau poliamida. Perpaduan bahan tersebut membuat material microfiber bersifat quick dry.

Selain kemampuan daya serapnya, bahan microfiber juga lebih tahan terhadap bakteri dan tidak mudah berjamur. Di dalam material microfiber juga terdapat muatan positif yang memberinya kemampuan mengangkat kotoran dan minyak pada tubuh ketika dijadikan handuk. Bahannya yang halus juga menjadi keunggulan tersendiri,

Macam-macam bahan microfiber

Keunggulan handuk microfiber terutama untuk olahraga renang atau traveling, membuat material ini cukup diminati. Bahkan untuk digunakan sehari-hari hingga untuk bepergian. Namun perlu diketahui bahan microfiber sendiri ternyata ada beberapa jenis yang memiliki perbedaan, mulai dari sisi ketebalan, pile atau rajutan benang dan lainnya.

Dok Istimewa

Untuk lebih mengetahui macam-macam bahan microfiber serta perbedaannya, berikut ulasannya:

Pertama ada kain microfiber bernama Terry, bahan ini merupakan kain microfiber dengan serat pendek serta tidak berbentuk loop. Serat-serat pendeknya tidak membuat daya serapnya berkurang, melainkan tetap bersifat quick dry.

Jenis microfiber terry ketika menjadi handuk biasanya berbobot sekitar 200-400 gsm. Selain sebagai bahan handuk, terry banyak digunakan sebagai produk rumah tangga seperti lap piring dan sebagainya.

Berikutnya ada mirofiber plush yang memiliki karakter lebih lembut dikulit dan empuk. Sekilas, jenis plush ini mirip dengan terry hanya saja seratnya cenderung lebih panjang dan tebal sehingga lebih empuk ketika dipegang.

Sekilas juga mirip dengan handuk berbahan katun, hanya lebih empuk dan terasa sangat lembut pada kulit. Jenis micofiber ini cocok untuk membersihkan barang pecah belah karena permukaannya yang lembut aman di semua permukaan.

Selanjutnya ada jenis bahan microfiber yang mudah dikenali dari motifnya. Sama dengan namanya, microfiber waffle weave memiliki motif kotak-kotak menyerupai waffle. Terdapat beberapa bagian permukaan yang menonjol dan menjorok  yang membuatnya benar-benar seperti waffle.

Karena motif unik tersebut, kain waffle weave menjadi kain microfiber yang tidak memiliki pile. Namun bahan ini tetap dapat menyerap air dengan baik, yakni dengan bagian yang menonjol membuatnya dapat bekerja seperti wiper mobil. Bahan ini juga cocok untuk membersihkan debu dan mencuci dengan sabun.

Ada pula jenis microfiber yang memiliki lubang-lubang di permukaannya. Tekstur ini membuat permukaan kain dapat menyapu kotoran dengan sempurna. Namun sebenarnya tidak banyak handuk microfiber yang menggunakan jenis bahan ini.

Bahan microfiber ini lebih banyak dijadikan lap mobil atau lap dapur karena dapat mudah membersihkan kotoran. Juga cukup lembut sehingga tidak mudah menggores perbukaan barang.

Ada pula kain yang memiliki permukaan benar-benar mulus tanpa pile yakni bahan suede. Microfiber suede lebih tipis dan cenderung cepat kering dibandingkan jenis microfiber lain. Namun permukaannya tidak sehalus bahan lainnya.

Jenis bahan ini juga banyak dijadikan bahan lap dengan harga cukup terjangkau, tersedia dalam ukuran kecil. Biasanya tersedia dengan banyak pilihan warna menarik.

Itu dia aneka jenis bahan microfiber yang perlu diketahui sebelum membeli handuk microfiber. Tidak semua jenis microfiber baik digunakan sebagai handuk. Bahan terry dan plush yang cukup mudah ditemukan sebagai handuk, juga bahan waffle weave yang memiliki karakter unik.

Exit mobile version