Kuatkan Budaya Leterasi, IPM Lampung Selenggarakan ‘Literacy Institute’

Kuatkan Budaya Leterasi, IPM Lampung Selenggarakan 'Literacy Institute'

BANDAR LAMPUNG, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Wira Garden Bandar Lampung, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan Literacy Institute. Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta yang merupakan hasil seleksi dari 39 Pelajar se-Provinsi Lampung yang antusias dengan berbagai bidang literasi yang diminati seperti sastra, jurnalistik serta artikel opini.

Ketua Umum PW IPM Lampung Rifqi Saputra mengunkapkan agenda ini mengusung tema “Dekonstruksi Pelajar Berdaya menuju Literasi Berbudaya”. IPM Lampung berharap kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dengan semangat jargon Literasi Berbudaya ini dapat dimaksimalkan dan dibudayakan pada masing-masing sektor pimpinan vertikal dibawah.

“Literasi Institut ini merupakan salah satu pengejawantahan dari visi Literasi Berbudaya, kegiatan yang mendukung visi IPM saat ini,” ujar Salman Rifqi Saputra, Ahad (18/9).

Salman berharap kegiatan ini untuk kembali membangun isu literasi pelajar yang mampu berdaya kuat dan menjadikan kekuatan pelajar khususnya di Wilayah Lampung.

Salman juga mengungkapkan bahwa kegiatan literasi institut ini tidak hanya tiga sampai empat hari saja, akan ada follow up kegiatan lainnya dengan harapan pimpinan daerah IPM akan melaksanakan kegiatan serupa dengan kemasan yang berbeda di daerah masing-masing.

“Tindak lanjut dari kegiatan ini yakni seluruh alumninya akan menjadi motor penggerak literasi pada masing-masing daerah asal dengan membawa misi menyebarkan seluas-luasnya kegiatan melalui literasi jurnalistik ” harap Salman.

Sebagai langkah awal gerakan pelajar, peserta nantinya akan membuat dua buku antologi bertemakan opini dan sastra.

Gayung bersambut, peserta antusias dan semangat memajukan budaya literasi khususnya di Wilayah Lampung “Menurut saya kegiatan seperti ini bagus sekali, tentunya sebagai wadah juga bagi pelajar provinsi Lampung untuk mengasah minat dan bakat mereka dalam hal-hal yang berkaitan dengan literasi, baik dalam menyusun opini, berita, maupun karya tulis yang lain,” ucap Jalil Anwar Amanulloh selaku peserta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pimpinan Pusat IPM Bidang Pengembangan Ilmu Pengetahuan (PIP) Riandy Prawita dan jajaran PP IPM lainnya yang menaruh harap besar kegiatan ini menjadi kultur yang baik untuk IPM Lampung kedepannya.

“Ini merupakan kegiatan literasi kelima yang diadakan oleh PW IPM yang ada di Indonesia, saya harap ini menjadi kultur yang baik untuk IPM Lampung kedepannya,” harap Riandy. (Susilo/Rpd)

Exit mobile version