Dirikan Sekolah di Sydney, PRIM NSW Separuh Jalan

Dirikan Sekolah di Sydney, PRIM NSW Separuh Jalan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Australia, Ustaz Hamim Jufri menyatakan rasa gembira dan mendukung sepenuhnya rencana pendirian Sekolah Muhammadiyah Australia di Sydney, New South Wales. Mendirikan sekolah adalah ciri khas dan menjadi keunggulan Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam berkemajuan.

Berdasarkan pengalaman mendirikan sekolah Muhammadiyah di Melbourne yang memakan waktu hampir sembilan tahun, mengalami tantangan dan penuh dinamika. Dengan semangat kemuhammadiyahan dan sikap Istiqamah dalam menjalankan amanah yang mulia, segala tantangan dapat dilalui dengan baik.

Demikian antara lain pokok pikiran yang disampaikan ketika menerima kunjungan silaturrahim dan studi banding, Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah New South Wales Australia ke Muhammadiyah Australia College di Melton, Melbourne hari ini ( Sabtu, 01/10/22). Kedatangan pengurus Ranting tersebut adalah berkaitan dengan rencana mendirikan sekolah Muhammadiyah yang sama di Sydney.

Kepala Sekolah Muhammadiyah Australia Melbourne, Muhammad Edwar pada kesempatan yang sama menambahkan, usaha mendirikan sekolah Muhammadiyah di Sydney sebenarnya sudah selesai separuh jalan. Berbeda dengan pendirian sekolah di Melbourne sembilan tahun lalu yang dimulai dari nol, maka pendirian sekolah di Sydney nantinya akan lebih mudah.

Hal ini disebabkan Pimpinan Cabang dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan mendukung secara penuh. Dari aspek pengurusan izin dan sumberdaya manusia, akan dibantu dari MAC. Ditambahkan lelaki yang berasal dari Padang Sumatera Barat ini, yang penting saat ini adalah mencari lokasi yang layak, misalnya yang mudah mendapatkan izin.

Ketua Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah New South Wales Australia, Haidir Fitra Siagian, mengatakan bahwa kunjungan ke Melbourne ini adalah proses belajar dan merawat semangat pengurus Muhammadiyah New South Wales agar komitmen terhadap usaha mendirikan amal usaha Muhammadiyah. Meskipun terasa berat da memakan waktu, namun harus dimulai dari sekarang.

Ditambahkan oleh dosen Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar ini, usaha membangun Sekolah Muhammadiyah di Sydney adalah bagian dari ikhtiar internasionalisasi Muhammadiyah. Meluaskan pengaruh Muhammadiyah dalam mengembangkan peradaban Islam secara global.

Sekretaris Panitia Pembangunan, Dr. Izza Rohman mengatakan, pada tahap ini, pihaknya telah melakukan beberapa langkah. Termasuk melakukan sosialisasi dan penggalangan dana ke seluruh tanah air dan jejaring Muhammadiyah di berbagai negara.

Menurutnya, membangun Sekolah Muhammadiyah di Sydney akan menjadi cermin bagi masyarakat Barat melihat Islam. Bukan hanya di Australia, namun juga di negara-negara Barat lainnya.

Dalam silaturahmi antara PCIM Australia dengan PRIM NSW ini, dihadiri warga Muhammadiyah yang berdomisili dan bekerja di Melbourne. Beberapa di antaranya adalah warga negara Australia asli yang sudah masuk Islam dan menjadi anggota Muhammadiyah. Kunjungan PRIM NSW ke Melbourne ini, akan dibalas dengan kunjungan PCIM Australia ke Sydney dalam waktu. Hal ini dimaksudkan untuk mempermatang rencana pengembangan amal usaha Muhammadiyah dimaksud. (HFS/Riz)

Exit mobile version