Jambore Hizbul Wathan Kwarda Batang Bangkitkan Semangat Pandu

Jambore Hizbul Wathan Kwarda Batang Bangkitkan Semangat Pandu

BATANG, Suara Muhammadiyah – Puluhan Qabilah perwakilan dari sekolah Muhammadiyah se-Kabupaten Batang mengikuti Jambore Hizbul Wathan Kwarda Batang Tahun 2022. Jambore tahun ini diselenggarakan di Lapangan RejosariTimur Tersono, selama tiga hari yakni tanggal 30 September sampai 2 Oktober 2022. Kegiatan ini diikuti seluruh perwakilan dari sekolah Muhammadiyah se-Kabupaten Batang dari jenjang Pandu Athfal (SD/MI), Pandu Pengenal (SMP/MTsM) dan Pandu Penghela (SMA/MA).

Sekolah atau madrasah merupakan sumber perkaderan. Maka sebagai generasi penerus, pelangsung dan penyempurna dakwah Muhammadiyah, maka para peserta Jambore perlu dibekali nilai-nilai kepemimpinan melalui kegiatan kepanduan.

Jambore dimaksudkan untuk mengenalkan kembali bangkitnya Pandu Hizbul Wathan yang telah sekian lama tenggelam akibat dampak pandemic covid-19. “Bangkitnya kembali gerakan kepanduan Hizbul Wathan ini diharapkan dapat mewarnai khazanah kepanduan di Tanah Air kita. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana sesuai program tanpa gangguan yang berarti,” jelas ketua panitia, Sugito.

Lebih jauh Sugito menjelaskan bahwa target kegiatan kepanduan ini adalah untuk menyiapkan dan menemukan kader penerus Taruna Pandu Hizbul Wathan di Kwarda Batang serta memberikan bekal pengetahuan organisasi dan managemen kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan. Selain itu, selepas mengikuti Jambore diharapkan seluruh Qabilah dapat memperkuat pemahaman tentang kepanduan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah masing-masing.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para peserta Jambore, panitia menggelar berbagai perlombaan antara lain Azan, Cerdas-cermat, Hafalan, Pidato, Pionering, dan Mengurus Jenazah. Selain itu juga diadakan Jalan Serhat, Tadabur Alam, Panggun Gembira Pentas Seni. (Kawe S/Riz)

Exit mobile version