MTs Muhammadiyah 2 Karangasam Tampilkan Keunggulan di Pameran Pendidikan

MTs Muhammadiyah 2 Karangasam Tampilkan Keunggulan di Pameran Pendidikan

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – MTs Muhammadiyah 2 Karangasam, Paciran Lamongan ditunjuk oleh Kementerian Agama untuk mengikuti Pameran Pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Pameran ini mulai dibuka pada Kamis (29/9) malam dan dilaksanakan hingga 2 Oktober 2022 dan bertempat di Gedung Sport Center Lamongan.

Stand pameran MTs Muhammadiyah 2 Karangasam, Paciran Lamongan menjadi salah satu yang ramai dikunjungi, baik dari Dinas terkait, pengunjung umum, maupun orang tua wali.

Dengan mengusung tema astronomi, berbagai alat yang berhubungan dengan astronomi, dipamerkan oleh sekolah yang berada di bawah naungan pondok pesantren Muhammadiyah Karangasam, Paciran itu.

“Karena di lembaga kami, ada muatan astronomi, maka kami kami mengusung tema ini. Alhamdulillah, MTs Muhammadiyah 2 Karangasam, Laongan, dipercaya Kementrian Agama untuk mengikuti event ini, ini pertama kali kami dilibatkan,”ucap Kepala MTs Muhammadiyah 2 Karangasam, Paciran, Lamongan. Millazul Faida.

Dirinya memperkenalkan unggulan yang ada di sekolah tersebut. Di samping astronomi, sekolah ini juga dipercaya menjadi Madrasah Digital.

“Kami termasuk terbaik pertama dalam inovasi Madrasah Digital Tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Kementrian Agam Provinsi Jawa Timur dan juga kami ditunjuk oleh Kementerian Agama untuk menyelenggarakan pembelajaran berbasis riset,”ungkapnya.

Ia mengatakan, sekolah yang dipimpinnya juga ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai Madrasah Pembaharu.

Dirinya menungkapkan, kegiatan tersebut diikuti oleh lembaga pendidikan dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi, serta didukung UMKM dunia usaha baik BUMD, BUMN, maupun lembaga swasta. Selain itu juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, diantaranya pameran sekolah, kompetisi dan lomba pop singer, menggambar, dan tari kreasi, pasar rakyat, pameran IT, UKM, pentas seni, juga gelaran produk sekolah.

Pameran pendidikan dengan tema ‘Membentuk Karakter Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka’ menjadi wadah reuni massal seluruh insan pendidikan di Kabupaten Lamongan. Melalui event ini masyarakat bisa melihat prestasi sekolah, kreativitas karya siswa, terutama karya project profil pelajar Pancasila yang diterapkan dalam kurikulum merdeka.

Berbagai kreativitas dipamerkan dalam kegiatan tersebut, mulai dari kearifan lokal, wirausaha, sekolah adiwiyata, digital literasi, digital school, hingga unit kegiatan di sekolah seperti yang dilakikan oleh MTs Muhammadiyah 2 Karangasem, Paciran, Lamongan yang mengenalkan dunia astronomi yang dihubungkan dengan ilmu agama.

Melalui pameran ini diharapkan setiap satuan pendidikan semaksimal mungkin menampakkan hasil-hasil positif dari kegiatan pembelajaran. Banyak karya-karya peserta didik, minat bakat yang bervariasi, bahkan prestasi-prestasi yang telah dicapai.

Selain itu, melalui pameran pendidikan ini juga diharapkan mampu merepresentasikan segenap potensi, prestasi dan keunggulan peserta didik. Sehingga dapat memberi gambaran konkrit tentang perkembangan yang telah dicapai selama ini. (Iwan/Riz)

Exit mobile version