Milad Pertama, Universitas Siber Muhammadiyah Launching Kampus Virtual

Milad Pertama, Universitas Siber Muhammadiyah Launching Kampus Virtual

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Setelah tepat berusia 1tahun, Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) akhirnya meresmikan Kampus Virtual SiberMu berbasis teknologi immersive pada Rabu (5/10) yang bertepatan juga dilakukan dalam rangka menyambut Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiah ke-48.

Pada Milad 1th ini, SiberMu menggunakan tagline Beyond Boundaries dimana bermakna fleksibilitas operasional dan layanan SiberMu yang melintas batas, menjadikan sekat-sekat dan keterbatasan tidak bermakna.

Dr. Ir. Bambang Riyanta, S.T., M.T, selaku Rektor Universitas SiberMu dalam sambutannya mengungkapkan bahwa SiberMU berupaya untuk terus menyempurnakan Learning Management System (LSM) serta dukungan aplikasi untuk layanan akademik dan kemahasiswaan. Bambang juga menjelaskan penggunaan berbasis teknologi immersive yaitu virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan mixed reality (XR) sebagai layanan pembelajaran di SiberMu.

“Mudahnya, AU itu menghadirkan obyek maya ke dunia nyata. Jadi lebih terasa ketika kita menyentuh sesuatu yang maya itu. Sedangkan VR menghadirkan subyek nyata ke dunia maya,” jelasnya, Rabu (5/10/2022).

Kampus Virtual dengan luas hampir 5 hektar ini dibangun dalam sebuah masterplan berkonsep Qibla Motherboard yang merupakan representasi nilai Islam Berkemajuan dimana di dalamnya terdapat masjid, gedung kembar rektorat, gedung prodi, fakultas, perpustakaan dan Aula. Kampus ini juga dilengkapi dengan auditorium ikonik bernama Sibertorium.

Peresmian Kampus Virtual SiberMu ini dilakukan secara Virtual di dalam gedung kampus virtual SiberMu oleh Prof Dr. Haedar Nashir, M.Si, Dr. Ir. Bambang Riyanta  beserta tamu undangan yang hadir dimana mereka dipersilahkan menggunakan VR Headset untuk dapat memasuki Aula Kampus Virtual SiberMu tersebut.

“Sebenarnya hari ini kita sedang melengkapi tujuan Muhammadiyah dan menunjukan bahwa inilah yang disebut Islam Berkemajuan, Muhammadiyah Berkemajuan. Dimana Muhammadiyah terus melangkah untuk menjawab tantangan zaman,” ujar Haedar dalam amanat peresmiannya.

Haedar menjelaskan bahwa, sekarang, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seluruh warga Muhammadiyah yaitu mempercanggih dan mengembangkan teknologi-teknologi yang mendukung kemajuan umat dan bangsa seperti yang dilakukan Universitas SiberMu ini. Kita diminta juga untuk mengubah serta memperbaharui mindset dalam berbagai aktivitas kita untuk bersama membangun peradaban yang berkemajuan.

Kampus Virtual Universitas SiberMu juga telah siap digunakan untuk Kuliah Perdana dan Orientasi Mahasiswa Baru yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2022 dimana per 30 September lalu, pendaftar calon mahasiswa baru mencapai 1193 calon mahasiswa. (Riz/Arina)

Exit mobile version