Banjir Meluas, Warga Muhammadiyah Aceh Utara Butuh Perlengkapan Pengungsian

Banjir Meluas, Warga Muhammadiyah Aceh Utara Butuh Perlengkapan Pengungsian

LHOKSUKON, Suara Muhammadiyah – sebanyak 5.104 kepala keluarga atau 18.160 jiwa di 12 Kecamatan Aceh Utara Provinsi Aceh (Data BPBA). mengungsi kedataran yang lebih tinggi, akibat hujan deras yang mengguyur kabupaten tersebut. Air yang menggenang setinggi 2 hingga 3 meter, Kamis (06/10).

Selain itu bukan hanya rumah penduduk, banjir juga merendam sawah warga seluas 230 hektar. Kata Kepala BPBA Ilyas.

Banjir yang merendam Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Cot Girek, Samudera, Lhoksukon dan Kecamatan Nisam, Paya Bakongan, Langkahan, Dewantara, Muara Batu dan Geureudong Pase.

Penyebab banjir dikarenahkan hujan yang memilki itensitas tinggi terus mengguyur Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Bener Meriah mengakibatkan tiga aliran sungai Krung Keuruto, Krung Peuto dan Krung Pirak, meluap.

“Air mulai melewati badan jalan nasional di Lhoksukon, Matangkuli, dan Pirak Timu. Sudah tentu air menggenangi panti muhammadiyah serta sekolah dan fasilitas lainnya yang kita miliki saat ini.

Selain itu fasilitas pemerintahan kecamatan lainnya juga tenggelam akibat banjir tersebut seperti otomatis layanan kesehatan dilakukan di tenda – tenda medis.

Respon Cepat Muhammadiyah Aceh Utara Buka Donasi Peduli Musibah Banjir

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Aceh Utara membuka donasi bagi para dermawan dalam rangka membantu meringankan masyarakat musibah korban banjir di beberapa kecamatan di kabupaten Aceh Utara. Kamis,(6/10/22)

Pengumpulan dan penggalangan dana bantuan ini berlangsung hari ini sampai beberapa hari kedepannya, Adapun tujuan kegiatan ini guna memberikan bantuan dan juga sebagai wadah untuk memupuk rasa peduli, empati, dan simpati terhadap masyarakat yang terkena dampak dari musibah banjir, mengingat musibah bencana alam berupa banjir melanda hampir semua daerah di wilayah Aceh Utara.

“Saat ini yang kita butuhkan selain bahan makanan kita juga butuh tenda serta perlengkapan pengsian seperti selimut, keperluan wanita serta keperlauan bayi.” kata Ketua Muhammadiyah Aceh Utara Anwar Yang Didampingi Sekretaris Muhammadiyah Aceh Utara Y. yosya selaku penanggung jawab menyalurkan bantuan bisa via Rekening Pribadi Ketua Muhammadiyah atau Sekretaris Muhammadiyah Aceh Utara

“Terkait open donasi yang kami buka ini merupakan sebuah bentuk rasa kepedulian Muhammadiyah terhadap musibah banjir yang melanda wilayah Aceh Utara. Pada dasarnya kami mengetuk hati para dermawan agar ikut berbagi, berempati, dan bersimpati. Donasi yang kami terima bisa berupa barang, dalam bentuk apapun dan uang,” ujarnya.

Bagi para dermawan yang ingin mendonasikan bantuan berupa uang bisa ditransfer langsung melalui rekening 1056724679 Bank Syariah Islam Atas Nama Y. yosya Selaku Sekretaris Muhammadiyah Aceh Utara

Untuk konfirmasi dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi langsung Ketua Muhammadiyah Aceh Utara Anwar (0852-7536-7227) atau penanggung jawab Y. Yosya (0823-6220-9045). (Agusnaidi B/riz)

Exit mobile version