UAD Dampingi Pengelolaan Sampah Sekolah Berbasis Sedekah

UAD Dampingi Pengelolaan Sampah Sekolah Berbasis Sedekah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul dalam mensukseskan Gerakan Bantul Bersama, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama Tim Pengabdian Dosen melakukan pendampingan pengelolaan sampah sekolah dengan sistem sedekah sampah yang terpusat di Kalurahan Caturharjo Pandak Bantul, Selasa (18/10).

Wasdiyanto, S.Si., Lurah Caturharjo mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi pemilahan sampah kepada warga sekolah tersebut diharapkan dapat mengedukasi warga sekolah untuk lebih mencintai lingkungan dengan melakukan pemisahan sampah sejak awal.

“Kalurahan Caturharjo akan senantiasa membuka pintu kolaborasi dengan perguruan tinggi seperti dengan LPPM UAD untuk sama-sama membangun Bantul dan mensukseskan Gerakan Bantul Bersama,” imbuhnya.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pandak Barat, Agus Riyanto S.Pd., mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk sumbangsih perguruan tinggi selaku akademisi untuk terjun langsung dan memberikan pencerahan kepada masyarakat, tak terkecuali ikut terlibat dalam Gerakan Bantul Bersama ini demi terciptanya Bantul yang bersih dari sampah.

Rudy Suharta, M.M, Kabid Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup yang mewakili Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul mengapresiasi kegiatan  pengabdian yang dilakukan oleh LPPM UAD tersebut. “Edukasi semacam ini diharapkan bermanfaat untuk mendukung Gerakan Bantul Bersama 2025 yang memang harus dilakukan secara massif dan berkolaborasi dengan semua stakeholder, salah satunya dengan sekolah sebagai tempat membangun karakter siswa dalam hal menjaga lingkungan dan memilah sampah sehingga di tahun 2025 Bantul dapat menjadi Kabupaten yang bersih dari sampah.”

Dedi Wijayanti selaku fasilitator kegiatan pengabdian masyarakat menerangkan bahwa tim pengabdian dosen yang beranggotakan Ariesty Fujiastuti, M.Pd., Sudaryanto, M.Pd., Denik Wirawati, M.Pd., Murinto, M.Kom., dan Hasrul Rahman, M.Pd tersebut telah melakukan serangkaian kegiatan sejak Agustus 2022. Sebelumnya, Pengabdian masyarakat bertema “Pendampingan Pengelolaan BUMKal dalam Pengelolaan Sampah Mandiri di Desa Caturharjo untuk mewujudkan Gerakan Bantul Bersih Sampah 2025” tersebut telah melakukan kegiatan sosialisasi Gerakan Bantul Bersih Sampah 2025 (Bantul Bersama) kepada seluruh pedukuhan yang bertempat di Kalurahan Caturharjo sekaligus pembentukan PSM di tingkat pedusunan.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan melibatkan Pimpinan Cabang Muhammadiyah  Pandak Barat mengadakan acara sarasehan dan pembentukan Pengelola Sampah Mandiri berbasis sekolah dengan sistem sedekah sampah dengan mengundang komite sekolah, perwakilan orang tua siswa dan guru serta karyawan SD Muhammadiyah Tegallayang I.

“Kami siap mendukung Gerakan Bantul Bersama melalui pengabdian dan penelitian Dosen dan Mahasiswanya,” tandas Dedi. (Dw/Th)

 

 

Exit mobile version