IKOR UNIMUS Jajaki Kerjasama dengan Penjas UMPP

IKOR UNIMUS Jajaki Kerjasama dengan Penjas UMPP

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Program Studi Ilmu Keolahragaan (IKOR) S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menerima kunjungan dari Prodi S1 Pendidikan Jasmani (Penjas) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) dalam rangka pembahasan kerjasama Rabu (19/10)

Bertempat di Gedung Lab. Kes. Lantai 4 Ruang 406, tampak seluruh dosen prodi IKOR FKM UNIMUS yang dipimpin oleh ketua prodi Andre Yogaswara, MOr turut menyambut kedatangan pihak prodi Penjas FIKES UMPP yang dihadiri oleh M Riski Adi Wijaya, MPd. beserta Jamaludin Yusuf, MPd selaku ketua dan sekretaris prodi.

Program kerjasama memiliki urgensi dalam pengembangan lembaga khususnya dalam memenuhi indikator penilaian akreditasi institusi dan program studi. Kerjasama juga menjadi tuntutan sekaligus tantangan dalam kerangka aplikasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah.

Pertemuan diawali dengan sambutan dilanjutkan pemaparan draf kerjasama oleh ketua prodi IKOR FKM UNIMUS. Ada 4 poin kerjasama yang ditawarkan yaitu bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Al Islam Kemuhammadiyahan yang dikenal sebagai Catur Dharma perguruan tinggi Muhammadiyah.

Kemudian, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berjalan dalam suasana penuh keakraban. Pada sesi ini pembahasan lebih masuk ke dalam bentuk dan teknis kegiatan yang akan dikerjasamakan. Hasilnya, disepakati beberapa bentuk kegiatan dalam catur dharma sebagai berikut:

(1) Bidang Pendidikan berupa kolaborasi seminar/pelatihan/workshop, student exchange, visiting lecturer, dan visit study; (2) Bidang penelitian berupa rencana kolaborasi penelitian, pengelolaan jurnal, dan publikasi; (3) Bidang pengabdian kepada masyarakat berupa kolaborasi pengabdian kepada masyarakat; dan (4) Bidang Al Islam Kemuhammadiyahan berupa kegiatan pengajian bersama dan pengembangan ortom melalui latihan bersama Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Dalam menjalin kerjasama ini menggunakan mekanisme bottom-up yaitu penjajakan kerjasama yang diinisiasi dari tingkat antar prodi terlebih dahulu. Selanjutnya, hasil pembahasan kerjasama ini akan ditindaklanjuti dengan kerjasama antar universitas (MoU).

“Alhamdulillah, hari ini kami telah melakukan pembahasan kerjasama dengan saudara kami dari UMPP. Harapannya, ini menjadi langkah awal dan selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan pimpinan,” ungkap Andre Yogaswara, selaku Ketua Prodi IKOR UNIMUS.

Lebih lanjut, Riski Adi Wijaya ketua prodi Penjas FIKES UMPP menyatakan, “Terimakasih kepada saudara kami dari UNIMUS yang telah menerima kedatangan kami dengan sambutan yang sangat baik. Harapannya pertemuan kita hari ini selanjutnya dapat direalisasikan ke dalam tataran MoU kemudian MoA hingga IA sehingga memberikan manfaat untuk kemajuan prodi dan institusi”. (Agung Widodo/Cris)

Exit mobile version