Jadi Panelis Debat BPP HIPMI, Rektor Umri Tanyakan tentang Ekonomi Syariah

Jadi Panelis Debat BPP HIPMI, Rektor Umri Tanyakan tentang Ekonomi Syariah

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Debat Calon Ketua Umum (Caketum) Badan Pimpinan Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) berjalan seru dengan adu gagasan cemerlang antar tiga Caketum. Dalam pelaksanaan debat tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah Dr. Saidul Amin, MA., diaulat menjadi salah satu panelis.

Pelaksanaan debat yang dilaksanakan di Ballroom Grand Central Hotel tersebut juga melibatkan Abdul Wahid M.Si., dan Instiawati Ayus untuk melengkapi formasi tiga panelis debat yang dilaksanakan pada Jum’at (21/10) malam tersebut. Adapun ketiga Calon Ketua Umum BPP HIPMI yang mengikuti debat adalah Akbar Himawan Buchari-Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, Bagas Adhadirgha-Sekretaris Jenderal BPP HIPMI, serta Anggawira-Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI.

Pada debat segmen kedua untuk sessi tanya jawab pertama, Rektor Umri berkesempatan memberi pertanyaan kepada Bagas Adhadirgha. Dalam sesi itu Direktur Eksekutif Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Riau tersebut menyinggung tentang ekonomi syariah. “Pemerintah Republik Indonesia berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan dan ekonomi syariah. Apa langkah yang anda lakukan untuk mensukseskan program tersebut?,” tanya Saidul.

Menjawab pertanyaan tersebut, Bagas memaparkan idenya terkait ekonomi Syariah. “Selama ini, Indonesia hanya menjadi market bagi ekonomi syariah. Kita harus membuat 1 kawasan yang menjadi pusat sebagai ekonomi syariah. Aceh bisa menjadi contoh terbaik karena telah melaksanakan konsep syariah, ini bisa menjadi proyek percontohan kedepan agar bisa diterapkan di seluruh Indonesia,” jawabnya dengan tegas.

Debat kandidat Caketum BPP HIPMI ini dibagi menjadi 4 segmen. Segmen pertama adalah pemaparan Visi dan Misi, segmen kedua pendalaman visi misi dengan menjawab pertanyaan dari panelis, segmen ketiga menjawab pertanyaan dari audience dan segmen kempat adalah antar Caketum saling memberikan pertanyaan.

Kegiatan debat kandidat Caketum BPP HIPMI ini dihadiri oleh Forkompinda Riau, Plt. Ketua Umum BPP HIPMI, serta Ketua-ketua Umum BPD HIMPI se-Indonesia.

Exit mobile version