LSBO PP Muhammadiyah Lakukan Lokakarya Membangun Peradaban

LSBO PP Muhammadiyah Lakukan Lokakarya Membangun Peradaban

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Lokakarya Membangun Peradaban Melalui Seni Budaya diselenggarakan Lembaga Seni Budaya Dan Olahraga (LSBO) PP Muhammadiyah bekerjasama dengan kampus Universitas Muhamadiyah Semarang (UNIMUS) 27 Oktober 2022 di kampus setempat.

Lokakarya yang dihadiri utusan LSBO PWM Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, LSBO PDM se Jateng, akitivis seni budaya kampus UNIMUS dan jajaran LSBO PP.  Muhammadiyah berlangsung dalam suasana yang hangat dan dinamis.

Dr Habib Chirzin aktivis perdamaian dunia dan pesantren Muhammadiyah menjadi pembicara kunci dalam lokakarya ini. Digambarkan bagaimana Peradaban dunia bergerak digerakkan oleh tokoh tokoh Muslim dunia. Termasuk para pimpinan PCIM dan pimpinan PTM di beberapa negara.

Juga dijelaskan bagaimana peran strategis para mahasiswa, khususnya mahasiswa Muhamadiyah dalam membangun peradaban melalui kegiatan seni budaya. Pengalaman mahasiswa terlibat dan suntuk dalam kegiatan seni budaya di kampus merupakan pengalaman berharga yang dapat membentuk karakter mereka sebagai manusia Muslim yang berkualitas Muhsin.

Pembicara dalam lokakarya yang dimoderatori Prof Dr M Jandra adalah Dr Tafsir, Ketua PWM Jateng dan Rektor UNIMUS, Prof Dr H Masrukhi Mpd. Sambungan dari LSBO PP Muhammadiyah, Prof Dr Ali Imron.

Dr Tafsir menyebutkan bahwa dalam membangun peradaban hendaknya warga dan pimpinan Muhammadiyah bersikap dewasa dalam beragama. “Jangan taqlid buta dan jangan puritan buta. Taqlid buta tidak baik dan puritan buta juga tidak pas kalau dipraktekkan dalam beragama. Demikian juga puritan buta bisa menjadikan cara beragama kita tidak pas,” katanya.

Prof Masrukhi mengutarakan pandanganya bahwa mahasiswa Indonesia yang jumlahnya jutaan orang perlu diberi asupan ilmu, nilai, semangat dan kesadaran dalam ruang pikir mereka, dalam ruang perasaan mereka, dalam ruang semangat cita cita mereka dan ruang hati nurani yang digali dan diolah dari ajaran agama Islam dan Kemuhammadiyah.

Prof Ali menyebutkan bahwa sebenarnya masih banyak tantangan yang dihadapi oleh Muhammadiyah dalam menjalankan dakwah kultural. Antara lain hambatan teologis yang bukan berasal dari paham Muhammadiyah yang mengharamkan kegiatan seni budaya.

Acara Lokakarya ini merupakan rangkaian akhir dari Kampung Kreativitas Muhamadiyah yang diselenggarakan pada detik detik terakhir periode 2015-2022 kepemimpinan LSBO PP Muhammadiyah. Sebelum Ketua LSBO PP Muhammadiyah Drs M Syukriyanto AR memberikan sambutan penutupan Kampung Kreativitas Muhamadiyah, diberikan hadiah dan penghargaan pada peserta lomba paduan suara dan festival musikalisasi puisi.

Hari itu, Aula utama UNIMUS Semarang diwarnai kegembiraan dengan sajian musik oleh artis Semar dan partisipasi dari utusan LSBO PDM Purwokerto. Rektor UNIMUS sendiri memainkan gitarnya dengan apik mengiringi lantunan lembut dari salah satu Staf pimpinan kampus setempat. (MWH)

Exit mobile version